Festival Film Venesia ke-81 resmi dibuka

Estimated read time 2 min read

Venesia (ANTARA) – Festival Film Venesia ke-81 dibuka pada Rabu (28/8) di Pulau Lido, Venesia, Italia, dengan 21 film bersaing memperebutkan penghargaan bergengsi Golden Lion.

Festival dibuka dengan pemutaran perdana “Beetlejuice, Beetlejuice”, film terbaru sutradara Tim Burton, dengan upacara pembukaan oleh aktris Italia Sveva Alviti.

Foto yang diambil pada 28 Agustus 2024 ini menampilkan pemandangan Palazzo del Cinema di Pulau Lido di Venesia, Italia. (Xinhua/Li Jing)

Juri internasional yang dipimpin oleh aktris Prancis Isabelle Huppert dikenal karena menganugerahkan Penghargaan Aktris Terbaik Cannes dan penghargaan film bergengsi lainnya. Aktris Tiongkok Zhang Ziyi juga menjadi anggota juri acara tahun ini.

Film tahun ini termasuk komedi kriminal “Joker: Folie à Deux” yang dibintangi Joaquin Phoenix sebagai Joker dan Lady Gaga sebagai kekasihnya. “The Room Next Door” adalah film berbahasa Inggris pertama karya sutradara Spanyol pemenang Oscar Pedro Almodóvar. “Maria” dibintangi Angelina Jolie sebagai Opera Maria Callas yang legendaris; dan “Baby Girl” yang dibintangi Nicole Kidman.

Selain kompetisi utama, festival ini juga memiliki bagian lain yang menampilkan film-film yang mewakili tren dan pertunjukan kecantikan terkini, film pertama, dan virtual reality (VR).

Pertama kali diadakan pada tahun 1932, Festival Film Venesia merupakan festival film tertua di dunia. Bersama dengan Festival Film Cannes di Perancis dan Festival Film Internasional Berlin di Jerman, ini adalah salah satu dari tiga festival film besar di Eropa.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours