CEO Indodax respon langkah Bank of Italy keluarkan pedoman kripto

Estimated read time 2 min read

JAKARTA (Antara) – Oscar Darmawan, CEO Indodocs, mengatakan langkah Bank of Italy mengeluarkan pedoman kripto merupakan perkembangan penting dan sejalan dengan kebutuhan untuk mengatur pasar kripto secara keseluruhan.

Regulasi yang jelas dan tegas sangat penting untuk menjamin keselamatan konsumen dan integritas pasar, ujarnya dalam keterangan resmi dari Jakarta, Selasa.

Bank of Italy akan segera mengeluarkan pedoman tentang kripto, yang dipandang sebagai langkah penting dalam penerapan peraturan Pasar Aset Kripto (MiCA) di Uni Eropa.

Fabio Panetta, presiden Bank of Italy, dikatakan telah menyampaikan tujuan utama dari pedoman penegakan MICA untuk secara ketat melindungi pengguna kripto. Regulator Italia membedakan dua jenis token, yaitu token terkait aset (ART) untuk stabilitas dan token uang elektronik (EMT) untuk transaksi sehari-hari, yang nilainya terkait langsung dengan mata uang fiat.

Panetta menegaskan, hanya nilai EMT yang terikat langsung dengan mata uang fiat, sehingga dapat berfungsi penuh sebagai alat pembayaran dengan tetap menjaga kepercayaan masyarakat. Dia menganggap tanda ini paling cocok untuk peran tersebut.

Terkait perkembangan tersebut, Oscar melihat perbedaan antara ART dan EMT yang menunjukkan pemahaman mendalam tentang keunikan masing-masing tipe karakter.

EMT, yang nilainya terkait langsung dengan mata uang fiat, memiliki potensi lebih besar untuk diterima sebagai alat pembayaran sehari-hari karena stabilitasnya yang tinggi. Namun, ART juga berperan penting dalam memberikan diversifikasi dan stabilitas, yang dapat meningkatkan kepercayaan investor terhadap pasar kripto. “Sehingga penggunaannya dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing individu,” ujarnya.

CEO Indodax menekankan kebutuhan mendesak untuk terus mendukung inovasi blockchain dan teknologi kripto, yang memiliki potensi besar untuk meningkatkan inklusi keuangan dan efisiensi ekonomi.

“Regulasi yang jelas dan ketat diperlukan untuk memastikan keselamatan konsumen dan integritas pasar, namun penting untuk terus mendukung inovasi dalam blockchain dan kripto,” kata Oscar.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours