BI kembangkan QRIS Tap berbasis NFC

Estimated read time 2 min read

Jakarta (ANTARA) – Bank Indonesia (BI) akan mengembangkan QRIS Tap berbasis Near Field Communication (NFC) sebagai alat pembayaran yang memudahkan transaksi cepat dan bervolume tinggi.

“Alat pembayaran lain di sektor sistem pembayaran ritel yang akan dikembangkan adalah QRIS Tap berbasis NFC yang mengintegrasikan teknologi pesan standar QRIS menggunakan antarmuka Near Field Communication,” kata Gubernur BI Perry Warjiyo di Jakarta, Jumat.

Perry mengatakan inovasi pembayaran ini dirancang untuk memfasilitasi kebutuhan transaksional yang cepat dan massal untuk berbagai jenis pembayaran, termasuk transportasi dan ritel dengan efisiensi dan keamanan tinggi.

QRIS Tap berbasis NFC memiliki keunggulan dalam hal fleksibilitas, dengan mendukung berbagai sumber pendanaan dan saluran pembayaran yang berbeda.

Selain itu, Bank Indonesia juga meluncurkan Fitur Pembayaran Online Segmen Pemerintah Kartu Kredit Indonesia (KKI) dengan Virtual Card Tokenization sebagai pengembangan inovatif alat pembayaran untuk memperlancar perekonomian digital nasional.

Alat pembayaran ini didukung oleh teknologi Virtual Card Tokenization dan merupakan pengembangan lebih lanjut dari fitur-fitur KKI yang sudah ada yaitu QRIS dan Kartu Fisik yang seluruh proses transaksinya dilakukan di dalam negeri.

Penerapan fitur baru ini bertujuan untuk mendukung menyukseskan Gerakan Bangga Buatan Indonesia (GBBI) dalam pengadaan barang/jasa Pemerintah serta memfasilitasi kebutuhan Pemerintah dalam bertransaksi melalui platform online berbagai pasar Pemerintah atau e-commerce. -mitra dagang.

Kedua inovasi ini diterapkan bersama oleh kementerian/lembaga dan pelaku industri.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours