Pinisi Kita Nusantara mulai berlayar susur Teluk Balikpapan hingga IKN

Estimated read time 2 min read

Balikpapan (ANTARA) – Kapal Pinisi Kita Nusantara mulai berlayar menyusuri Teluk Balikpapan menuju ibu kota nusantara, ibu kota baru Indonesia, sebagai destinasi wisata bahari di Kota Balikpapan, provinsi Kalimantan Timur.

Pelayaran kapal Finisi Kita Nosentra menyusuri Teluk Balikpapan menuju IKN masih dalam tahap uji coba dan akan dilakukan hingga akhir tahun ini, kata pengusaha wisata kapal Finisi Ahmed Eldari di Balikpapan. Selasa

Uji coba dilakukan, kapal Pinisi Kita Nusantara sandar dari Pelabuhan Sandy Jaya Putra di Provinsi Balikpapan Barat kemudian berlayar menyusuri Teluk Balikpapan selama kurang lebih empat jam.

Puncak kunjungan adalah Jembatan Pulau Balang, jembatan yang menghubungkan Kota Balikpapan dengan ibu kota baru Indonesia bernama Kota Nucentra.

“Kapal bersandar selama 10 menit sehingga memberikan kesempatan kepada wisatawan untuk mengabadikan momen dengan latar belakang Jembatan Pulau Balang,” ujarnya.

“Harga fleksibel siang hari tahap uji coba mulai 199.000 hingga 249.000 euro, dan masih ada subsidi. Kapal berlayar sehari sekali, sore hari sekitar pukul 16.00 WITA,” kata Ahmed Eldari.

Kapal wisata bahari Pinisi Kita Nusantara merupakan perusahaan patungan antara Kementerian Perhubungan, DPRD Kota Balikpapan, dan Ibu Kota Nusantara (OIKN).

Kapal Pinisi Kita Nusantara yang didatangkan dari kota Makassar Provinsi Sulawesi Selatan berukuran lebar 5,75 meter dan panjang 28 meter. Kecepatan kapal sembilan knot, namun untuk melayani wisatawan kapal berlayar dengan kecepatan tiga knot

“Wisatawan disambut layaknya keluarga di Pinisi Kita Nusantara, dan dengan menempuh perjalanan laut dapat mempercepat waktu tempuh ke Kota Nusantara,” kata Kepala Olahraga Pemuda dan Pariwisata (DPOP) Kota Balikpapan Cokorda Ratih Kusuma.

Menurutnya, berlayar ke Kota Nusantara dengan kapal Pinisi Kita Nusantara dari Kota Balikpapan dapat mempersingkat waktu tempuh, sekaligus menjadi jalur alternatif menuju ibu kota baru Indonesia.

Selain wisata menyusuri laut atau Teluk Balikpapan menuju ibu kota baru Indonesia, kata Thomas Umbu, Asisten Pembangunan OIKN, pemilihan jalur laut juga dapat mempersingkat waktu sehingga wisatawan dapat memaksimalkan kunjungannya ke ibu kota baru Indonesia. Baca juga: Kehadiran Kota Nucentra Tingkatkan Kunjungan Wisatawan ke Balikpapan Baca Juga: Kemenhub Upayakan Teluk Balikpapan Jadi Destinasi Wisata IKN

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours