Wamenlu harap semakin banyak diaspora RI pimpin organisasi dunia

Estimated read time 2 min read

JAKARTA (Antara) – Wakil Menteri Luar Negeri Indonesia Pahala Mansuri berharap masyarakat Indonesia semakin berperan penting di lembaga-lembaga internasional tempat mereka mengabdi di luar negeri, termasuk memimpin lembaga-lembaga tersebut.

“Kami berharap semakin banyak masyarakat Indonesia yang tidak hanya berpartisipasi di perusahaannya masing-masing, tetapi juga menjadi pemimpin di organisasi multilateral internasional,” kata Pahala di Jakarta, Rabu.

Dalam keynote Speech Global Indonesian Professional Association (GIPA) pada agenda Sidang Umum Dunia 2024, Wamenlu menyampaikan, semakin besarnya pengaruh Indonesia di kancah dunia karena semakin besarnya peran tersebut harus sesuai dengan peran Indonesia. luar negeri, termasuk para pemimpin organisasi internasional.

Ia menyoroti banyaknya ekspatriat asal Tiongkok, India, dan Turki yang memainkan peran kepemimpinan di lembaga dan organisasi internasional tempat mereka bekerja sehingga keputusan mereka berdampak lebih besar bagi dunia.

Pahala berharap langkah-langkah tersebut dapat diikuti oleh masyarakat Indonesia yang tentunya akan meningkatkan citra positif Indonesia di mata dunia. Apalagi, sejauh ini diketahui ada sekitar 8 juta orang Indonesia yang bekerja di berbagai negara.

Wamenlu juga mengakui peran masyarakat Indonesia semakin penting dalam mengembangkan teknologi tanah air dan mewujudkan visi emas Indonesia 2045.

Masyarakat Indonesia berperan penting dalam menyediakan talenta, sumber pendanaan, dan bentuk dukungan lainnya bagi pembangunan negara. Ia mengatakan, peran pendatang tidak boleh dianggap sebagai sumber devisa yang menambah pendapatan negara.

Untuk itu, Pahala memastikan Kementerian Luar Negeri RI akan terus mendukung dan turut serta demi kepentingan WNI dalam bekerja untuk bangsa di luar negeri, maupun ketika mereka memutuskan untuk kembali ke negaranya.

“Kami akan terus aktif memastikan ekspatriat bisa membantu Indonesia mencapai tujuannya. Apalagi karena sekarang banyak WNI di luar negeri,” ujarnya.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours