12 Jurusan yang Paling Dicari Perusahaan: Prospek Kerja Luas dan Gaji Tinggi Menanti

Estimated read time 5 min read

JAKARTA – Memilih jurusan kuliah merupakan sebuah keputusan penting yang mempengaruhi karir masa depan seseorang. Di bawah ini adalah 12 besar jurusan kuliah yang paling banyak dicari oleh perusahaan.

Memilih jurusan yang sesuai dengan minat dan bakat membuat proses belajar menjadi lebih menyenangkan dan memotivasi. Siswa cenderung lebih antusias dan berdedikasi ketika mereka menikmati apa yang mereka pelajari.

Baca juga: Spesialisasi IT ITB, ITS dan IPB dengan persaingan terhebat dan lulusan menjanjikan di dunia kerja

Jurusan yang tepat bisa membuka peluang karir yang luas dan menjanjikan. Lulusan spesialisasi yang diminati di pasar tenaga kerja memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pekerjaan dengan cepat dan dengan gaji yang baik.

Berikut 12 jurusan kuliah yang paling banyak dicari perusahaan berdasarkan berbagai sumber. Ulasan menyusul.

12 perusahaan teratas yang paling banyak diminati oleh perusahaan1. Medis

Tidak dapat dipungkiri bahwa kesehatan merupakan bagian yang penting, sehingga kedokteran menjadi salah satu bidang utama yang patut Anda pilih karena banyak peminatnya setelah lulus.

Jenjang karir lulusan fakultas kedokteran juga sangat menjanjikan. Selain membuka praktik, Anda juga bisa membuka layanan konsultasi online.

Baca Juga: 7 Spesialisasi yang Lulusannya Sangat Dibutuhkan Kemenkeu, Kenali Kurikulum Anda

Setelah menerima gelar kedokteran, Anda juga dapat melanjutkan studi di sekolah kedokteran, dengan spesialisasi di bidang tertentu sesuai minat Anda.

2. Manajemen usaha

Jurusan ini dapat membantu mengelola bisnis dan manajemen dengan lebih baik sehingga dapat bersaing dalam skala global. Tidak hanya itu, lulusan kursus ini dapat menggunakan ilmunya untuk bekerja sebagai manajer SDM, pemasar atau ilmuwan bisnis.

3. Akuntansi dan keuangan

Salah satu lulusan yang banyak diminati dalam dunia kerja adalah lulusan akuntansi dan keuangan. Pasalnya, setiap bisnis membutuhkan akuntan.

Baca Juga: Lihatlah Jurusan Masa Depan Anda: Inilah 15 Jurusan Perguruan Tinggi yang Anda Butuhkan di Masa Depan.

Peluang karir bagi lulusan fakultas ini sangat luas: mulai dari akuntan, auditor internal, analis keuangan hingga manajer pajak.

4. Desain industri

Hal besar berikutnya yang banyak dicari perusahaan adalah teknik industri. Lulusan industri memiliki pengalaman dalam proses perancangan, perencanaan, modifikasi, pengujian dan peningkatan kinerja sistem perusahaan.

Apalagi ilmu ini dapat diintegrasikan dengan berbagai disiplin ilmu lain seperti matematika, fisika, analisis desain, dan ilmu komputer.

Oleh karena itu, lulusan teknik industri tidak hanya bekerja di sektor industri saja, tetapi juga dapat bekerja di sektor logistik, manufaktur, teknologi informasi, keuangan, konsultasi, pelayanan sosial, dll.

Bahkan, ada juga perusahaan yang mewajibkan lulusan teknik industri menyelesaikan jurusan safety, health, dan environment (SHE).

5. Teknologi informasi

Jurusan kuliah yang banyak dicari perusahaan dan terpopuler saat ini adalah ilmu komputer. Siswa teknologi informasi memperoleh pengetahuan tentang pemrosesan data dan proses logis.

Industri 4.0 menawarkan kesempatan kerja bagi lulusan IT tidak hanya di perusahaan swasta, namun juga di instansi pemerintah atau BUMN. Tak hanya itu, terbuka pula peluang untuk mendirikan startup atau menjadi konsultan di bidang teknologi informasi.

6. Bahasa asing

Bukan rahasia lagi jika kini banyak perusahaan yang secara langsung menyatakan bahwa perusahaannya dalam merekrut karyawan membutuhkan karyawan yang memiliki pengetahuan bahasa asing yang baik.

Hal inilah yang membuat jurusan bahasa asing seperti bahasa Inggris, Cina, atau Jepang menjadi salah satu jurusan yang banyak diminati di dunia kerja.

Pekerjaan potensial dalam profesi ini tidak hanya mencakup penerjemah, tetapi juga jurnalis, juru bahasa, dan personel diplomatik. Menarik bukan?

7. Sistem informasi

Sistem informasi tidak hanya mempelajari aspek teknis yang terkait dengan teknologi informasi, tetapi juga pengetahuan manajemen dan bisnis. Untuk itu lulusan sistem informasi dibutuhkan tidak hanya oleh perusahaan swasta, namun juga oleh instansi pemerintah.

8. Ekonomi

Jurusan Ekonomi telah menjadi jurusan pendidikan tinggi yang diminati sebagian besar siswa di seluruh wilayah karena semua sektor bisnis dan kewirausahaan mulai dikaitkan dengan ekonomi.

Hal ini disebabkan karena jurusan ekonomi mengajarkan keterampilan dasar yang dibutuhkan di pasar tenaga kerja.

Tidak hanya mengurusi keuangan, dengan menjadi lulusan ekonomi, Anda berkesempatan bekerja di berbagai bidang seperti operasional, pemasaran, dan sumber daya manusia.

9. VDC atau desain komunikasi visual

Salah satu jurusan perguruan tinggi yang banyak peminatnya seperti diketahui banyak lapangan kerja khususnya di era Industri 4.0 adalah jurusan DKV atau Desain Komunikasi Visual.

Jurusan ini mengajarkan berbagai hal, mulai dari desain ilustrasi hingga desain web dan animasi. Pada hakikatnya mahasiswa magister DKV harus mampu mengelola pesan dan konsep komunikasi secara efektif, informatif dan komunikatif dengan menggunakan media yang ada.

Peluang kerja bagi lulusan DKV antara lain web designer, desainer grafis, ilustrator, art Director, desainer visual, direktur kreatif dan animator.

10. Psikologi

Spesialisasi berikutnya yang banyak diminati di dunia kerja adalah psikologi. Diketahui bahwa jasa psikolog semakin diminati akhir-akhir ini, seiring semakin banyaknya masyarakat yang memahami pentingnya menjaga kesehatan mental.

Lulusan Psikologi dibutuhkan untuk banyak hal, mulai dari analisis, pemecahan masalah, pengelolaan data, asesmen, hingga pengelolaan empati. Peluang kerja bagi lulusan psikologi tidak hanya terbatas pada psikolog, tetapi juga evaluator, konsultan pendidikan, dan sumber daya manusia.

11. Arsitektur

Siapa bilang jurusan arsitektur tidak diminati di dunia kerja? Padahal, profesi ini memiliki prospek kerja yang bagus karena banyak diminati di industri kreatif.

Lulusan arsitektur umumnya dicari sebagai desainer ruang dan interior, perencana wilayah, dekorator di industri hiburan, surveyor dan surveyor bangunan bersejarah.

12. Organisasi transportasi

Memasuki profesi ini biasanya dikaitkan dengan lebih dari sekedar manajemen. Namun, Anda bisa mempelajari berbagai sudut pandang dan transportasi, mulai dari perhitungan biaya operasional yang dianggarkan, tarif transportasi saat ini, hingga bahan bakar yang digunakan.

Sehingga profesi ini akan terus diminati di dunia kerja, dan kedepannya tentunya kita akan semakin banyak menggunakan berbagai moda transportasi.

Inilah 12 jurusan kuliah yang banyak dicari perusahaan. Saya harap informasi ini bermanfaat.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours