Pj Gubernur Jatim dan Bupati Situbondo panen raya padi BK 01 Agritan

Estimated read time 2 min read

Situbondo (ANTARA) – Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur (Jatim) Adhy Karyono bersama Bupati Situbondo Karna Suswandi menerima panen besar padi Agritan BK 01/02 yang mampu menghasilkan varietas baru. menjadi sekitar 9 ton beras per hektar.

“Saya mengucapkan terima kasih dan terima kasih kepada Bupati Karna Suswandi atas suksesnya pembuatan (pembaruan) beras BK 01 dan 02 dari Agritan di atas,” kata Pj Gubernur Jatim, Athy Karyono, saat acara BK 01 Pertanian. . , di persawahan Desa Demung, Kecamatan Besuki, Situbondo, Senin.

Menurutnya, varietas padi di atas agritan BK 01 menjadi bukti bahwa varietas tersebut memiliki banyak keunggulan yang dinilai dapat menjadi solusi masalah ketahanan pangan dan ancaman krisis pangan dunia.

Varietas yang lebih tinggi ini, kata Athy, merupakan bagian dari perkembangan baru dalam pengembangan teknologi produksi padi, karena padi jenis ini memiliki potensi hasil hingga 8,84 ton per hektar dengan tampilan lebih pulen, daun tahan, batang berwarna coklat dan beberapa penyakit. . . seperti bercak daun dan serangan jamur.

Athy menambahkan, keunggulan lain dari padi varietas BK 01/02 adalah umurnya yang pendek, yakni sekitar 75-80 hari setelah tanam, dan dapat ditetapkan sebagai varietas.

Varietas ini sangat diperlukan untuk mendorong peningkatan indeks tanam padi.

“Kata-kata yang paling tepat adalah benih padi Agritan BK 01 dan 02, solusi bagi petani, solusi bagi masyarakat, solusi bagi pemerintah dan bangsa untuk mengatasi masalah ketahanan pangan,” ujarnya.

Bupati Situbondo Karna Suswandi mengatakan pemerintah sedang memperkuat pengembangan benih padi di BK 01/02 di seluruh kabupaten.

“Hari ini Pak Gubernur menginformasikan bahwa perlu dicari cara untuk memperbanyak persemaian, karena Mentan sudah menunggu beras BK 01 Agritan dan 02 Agritan,” ujarnya kembali.

Disampaikan Perdana Menteri, pengembangan benih padi BK 01/02 tidak hanya diselesaikan oleh Dinas Pertanian setempat saja, namun Pemerintah Daerah Jawa Timur juga turut berkontribusi dalam pengembangan benih yang lebih baik ini agar dapat tumbuh lebih baik lagi.

“Tentunya apa yang kami serahkan dari Situbondo ke Indonesia juga didukung oleh Pj Gubernur yang memerintahkan Dinas Pertanian Daerah Jatim untuk tetap melakukan penanaman padi BK 01/02,” kata Bung Karna alias Bupati Karna Suswandi.

Beras agritan BK 01 dan 02 merupakan gandum varietas baru asal bibit Kabupaten Situbondo, yang mampu bertahan dan tumbuh dengan baik di lahan persawahan yang tercemar air asam (sulfur) Kawah Ijen, jika dibandingkan dengan beras gabah utuh.

Lahan pertanian tercemar air belerang dari Kawah Ijen yang terletak di Kecamatan Asembagus dan Banyuputih.

Padi agritan BK 01 dan 02 merupakan pengembangan baru bagi pemerintah setempat, karena benih padi jenis baru tersebut mampu bertahan dan tumbuh dengan baik meski pH sawah mencapai 2 persen akibat pencemaran air Kawah Ijen yang bersifat asam. .

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours