Pakar: Penyuluhan pemupukan dapat meningkatkan produktivitas pertanian

Estimated read time 2 min read

Jakarta (Antara) – Pakar pertanian Universitas Lampang Bastan Al-Arifin mengatakan, imbauan dan dukungan kepada petani mengenai pupuk dapat meningkatkan produksi pertanian.

Dikatakannya, penyalahgunaan pupuk tidak akan produktif dalam meningkatkan produksi pertanian, untuk itu perlu adanya pemberian saran dan dukungan kepada petani terkait dengan pupuk agar pupuk yang digunakan dapat digunakan dengan lebih efisien dan penggunaan yang berlebihan dapat dihindari. . kata Bustanul di Jakarta, Selasa.

Ia juga mengatakan, harga pupuk dunia pada triwulan I tahun 2024 akan dibarengi dengan positifnya angka produksi yang dimulai akibat turunnya harga gas alam.

Perkembangan positif ini diperkirakan akan terus berlanjut seiring dengan terus menurunnya harga pupuk pada tahun 2024 dan 2025 di tengah larangan ekspor pupuk ke Tiongkok.

Meski demikian, Guru Besar Ekonomi Pertanian Universitas Lampung ini juga mengingatkan, kecepatan yang baik tersebut perlu didukung dengan penggunaan pupuk yang sesuai bagi petani.

Selain itu, Ketua Departemen Kerjasama dan Advokasi Kelompok Nelayan Andalan (KTNA) Sidi Asmono mengatakan, keberlanjutan sektor pertanian juga diakui dengan adanya rehabilitasi petani.

“Karena 70 persen petani di Indonesia merupakan petani senior dan kampanye pemerintah untuk memulihkan petani telah dilaksanakan sejak tahun 2015 dan perlu terus dilanjutkan agar semakin banyak generasi muda yang ingin terjun ke sektor pertanian,” kata Sidi.

Selain itu, ia memperkirakan cuaca buruk seperti El Nino dan La Nina akan berdampak pada harga pangan sehingga perlu peningkatan produksi pangan lokal.

Industri pangan merupakan tumpuan kehidupan masyarakat, sehingga pemerintahan mendatang harus memastikan kemampuan negara untuk terus menjamin ketahanan pangan bangsa.

Peningkatan produksi pertanian penting untuk memastikan pangan tersedia dalam jumlah yang cukup dengan harga yang wajar bagi seluruh masyarakat Indonesia.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours