Menkominfo: Kecepatan internet naik 10 kali lipat dalam satu dekade

Estimated read time 2 min read

Jakarta (ANTARA) – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Ari Setiadi mengatakan kecepatan koneksi internet di Indonesia meningkat 10 kali lipat dalam sepuluh tahun terakhir.

“Tahun 2014 kecepatan internet kita hanya 2,5 Mbps, sekarang atau 10 tahun lagi rata-rata 25 Mbps. Itu meningkat 10 kali lipat dalam 10 tahun,” ujarnya.

Ia mengatakan peningkatan akses internet dan infrastruktur digital telah menjadi fokus utama pemerintahan Presiden Joko Widodo sejak tahun 2014.

Kementerian Komunikasi dan Informatika bertujuan untuk mempercepat pembangunan infrastruktur telekomunikasi di daerah terdepan, terpencil, dan maju untuk menjamin pemerataan akses layanan telekomunikasi di seluruh pelosok tanah air.

“Pada saat yang sama, seluruh operator seluler dan industri bergerak secara bersamaan,” kata Budi Ari.

Menurutnya, upaya bersama ini antara lain telah menghasilkan peningkatan kecepatan Internet di Indonesia selama 10 tahun terakhir.

Budi Ari mengatakan Indonesia tidak perlu khawatir karena meski terjadi peningkatan yang signifikan, namun kecepatan internetnya tidak setinggi di negara seperti China.

Menurutnya, kecepatan Internet di China mengalami peningkatan dari 9,46 Mbps pada tahun 2014 menjadi 248,92 Mbps pada tahun 2024.

“Dengan demikian Tiongkok meningkatkan jumlahnya 26 kali lipat.”

Ia juga mengatakan, pembangunan infrastruktur digital berperan penting dalam mendorong pertumbuhan ekonomi dan mendukung aktivitas perekonomian di tengah kondisi perekonomian yang lesu akibat pandemi COVID-19.

Budi Ari mengapresiasi inisiatif Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) yang membuat film dokumenter berjudul “Derang Daring” yang akan mendorong perkembangan telekomunikasi di Indonesia.

“Kami berharap pesan dan semangat yang disampaikan melalui film ini dapat memotivasi kita semua untuk mengembangkan komunikasi Internet di Indonesia, karena isu lingkungan, isu kualitas, dan isu peluang juga penting.”

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours