Dipicu Pakta Pertahanan Moskow dan Pyongyang, AS Kirim Kapal Induk ke Korea Selatan

Estimated read time 2 min read

SEOUL – Kapal induk bertenaga nuklir asal Amerika Serikat tiba di Korea Selatan pada Sabtu, 22 Juni 2024. Latihan ini bertujuan untuk meningkatkan kesiapan militer guna melawan ancaman dari Korea Utara, yang sejalan dengan Rusia.

Kapal induk AS USS Theodore Roosevelt telah memanggil duta besar Rusia di Korea Selatan minggu ini sebagai protes atas kesepakatan antara Presiden Rusia Vladimir Putin dan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un dan berjanji untuk memberikan bantuan pertahanan balik jika terjadi perang di Busan.

Korea Selatan mengatakan perjanjian itu mengancam keamanannya dan mungkin mempertimbangkan pengiriman senjata ke Ukraina untuk membalas agresi Rusia, sehingga membuat Korea Selatan berselisih dengan Moskow.

Setelah para kepala pertahanan bertemu di Singapura pada awal Juni, Amerika Serikat, Korea Selatan, dan Jepang mengumumkan era kebebasan. Tujuan dari latihan multi-domain baru ini adalah untuk mempercepat respons bersama negara-negara di berbagai bidang operasional, termasuk udara, laut, dan dunia maya.

Kapal induk Theodore Roosevelt akan berpartisipasi dalam latihan yang dimulai pada bulan Juni. Militer Korea Selatan belum merilis rincian apapun tentang latihan tersebut.

Kedatangan Theodore Roosevelt menunjukkan sekutu berada dalam posisi defensif dan “siap menanggapi ancaman Korea Utara yang semakin besar,” kata angkatan laut Korea Selatan dalam sebuah pernyataan.

Kunjungan kapal induk tersebut terjadi tujuh bulan setelah kapal induk AS lainnya, USS Carl Vinson, tiba di Korea Selatan untuk unjuk kekuatan melawan Korea Utara.

Theodore Roosevelt Strike Group juga berpartisipasi dalam latihan trilateral pada bulan April dengan angkatan laut Korea Selatan dan Jepang di Laut Cina Timur yang disengketakan, sehingga meningkatkan kekhawatiran tentang klaim teritorial Tiongkok.

Menanggapi meningkatnya ancaman dari Korea Utara, Amerika Serikat, Korea Selatan, dan Jepang telah meningkatkan pelatihan bersama dan meningkatkan visibilitas kekuatan militer strategis AS di kawasan untuk mengancam Korea Utara.

Amerika Serikat dan Korea Selatan juga telah merevisi strategi pencegahan nuklir mereka, dan Seoul menginginkan jaminan yang kuat bahwa mereka akan dengan cepat dan tegas mengerahkan kemampuan nuklir mereka untuk membela Washington dari serangan nuklir Korea Utara.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours