Elektabilitas Airin Rachmi Diany Tembus 77,3 Persen, Ungguli Andra Soni

Estimated read time 2 min read

SERANG – Calon Gubernur Banten Airin Rachmi Diany terus menunjukkan keunggulan dalam banyak survei pemilu dari berbagai lembaga pemilu. Data terakhir survei Lembaga Survei Indonesia (LSI) menunjukkan partisipasi pemilih Airin mencapai 77,3 persen.

Hal ini menjadikannya kandidat terkuat di bursa Pilgub Banten. “Airin Rachmi Diany konsisten unggul di berbagai survei. tentang calon gubernur Banten,” kata Hudjolly, pendiri Komunitas Komunitas dan Kajian Hukum (RUSH), Senin (19/08/2024).

Dia mengatakan, hasil survei LSI memperkuat tren keunggulan Airin dalam berbagai simulasi pemilu. Dalam simulasi head-to-head dengan calon Gubernur Banten Andra Soni dari Partai Gerindra, elektabilitas Airin sebesar 77,3 persen.

Sedangkan selektivitas Andra hanya berkisar 10 persen. Dan 12,7 persen responden merasa tidak yakin. Saat disimulasikan sebagai pasangan calon, Irin bersama Ade Zumardi tetap mendominasi dengan perolehan suara 73,7 persen.

Sedangkan pasangan Andra Soni-Dimyati Natakusumah hanya mendapat dukungan 12,2 persen, dengan 14,1 persen responden masih ragu-ragu. Survei dilakukan antara tanggal 27 Juli dan 4 Agustus dengan menggunakan wawancara pribadi.

Jumlah responden mencapai 800 orang, dengan margin of error ±3,5 poin persentase dan tingkat kepercayaan 95 persen. Menurut Hudjolly, elektabilitas dan popularitas menjadi modal penting bagi calon daerah yang akan dipilih kembali

Namun dia memperingatkan bahwa hasil jajak pendapat tersebut hanya mencerminkan situasi politik saat ini, yang dapat berubah seiring dengan dimulainya kampanye. “Politik selalu bergerak. Dan semuanya masih bisa berubah. Tergantung strategi masing-masing kandidat hingga pemungutan suara,” ujarnya.

Pilkada Banten tahun ini kemungkinan besar akan berlangsung dinamis. Meski mengingatkan akan bahayanya kemungkinan hanya memiliki satu calon. “Irin dan Andra. Sony berasal dari Aliansi Maju Indonesia. Jadi mereka seperti dua orang sahabat yang bertarung di pilkada,” tegasnya.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours