Pengamat sebut keberhasilan timnas U-19 pertegas kemajuan sepak bola

Estimated read time 2 min read

Jakarta (Antara) – Pengamat sepak bola India Mohamad Kusnaeni mengatakan keberhasilan timnas U-19 India menjuarai Piala AFF U-19 2024 menunjukkan kemajuan sepak bola Indonesia dengan persaingan yang lebih ketat.

“Keberhasilan tim U-19 India menjadi juara sungguh menggembirakan. Ini menunjukkan kiprah sepak bola Indonesia yang mampu bersaing dengan tim kuat lainnya di Asia Tenggara, seperti Thailand atau Malaysia,” kata Koesnaeni saat dihubungi. Telepon di Jakarta, Selasa.

Hal itu diungkapkannya menanggapi keberhasilan Timnas U-19 India yang menjuarai Piala AFF U-19 2024 usai mengalahkan Thailand 1-0 pada laga final di Stadion Gelora Bang Thomo, Sulawaya. , Senin (29/7) malam.

Ia mengatakan, performa timnas U-19 patut diacungi jempol dan kualitas sepak bola Indonesia saat ini lebih baik dibandingkan rekan-rekan di Asia Selatan.

Kekuatan Indonesia menurutnya sama dan sama mulai dari U-16, U-19, U-23, hingga grup senior.

Kusnaeni mengatakan hal yang paling penting untuk dipertimbangkan adalah langkah selanjutnya dalam pengembangan pemain karena tim India U-19 dan U-16 dikembangkan menggunakan metode pelatihan jangka panjang dan jangka panjang.

Para pemain timnas, menurutnya, berlatih selama beberapa bulan, termasuk pemusatan latihan di Eropa atau Asia Barat yang mahal dan menyita waktu sang pemain.

Ia mengatakan, pelatihan semacam ini merupakan hal yang wajar dalam upaya mencapai kesuksesan, namun mungkin tidak penting dan bersifat permanen.

Bentuk pelatihan yang paling efektif akan selalu fokus pada kompetisi pemuda. Kompetisi domestik untuk pemain berusia 13, 15, 17, 19 tahun, bukan hanya klub Liga 1 atau Liga 2.

Kusnaeni juga mengatakan, pasca kesuksesan tim U-19 India, jasa banyak tim, selain PSSI. Para orang tua para pemain, pelatih sekolah dan perguruan tinggi sepak bola, serta para juara sepak bola yang selalu berjuang untuk mengubah kompetisi atau kompetisi pemuda di berbagai pelosok tanah air patut diberi ucapan terima kasih dan dukungan.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours