Wajib Tahu, Ini 5 Penyebab Persneling Mobil Susah Masuk

Estimated read time 2 min read

JAKARTA – Setiap mobil memiliki fungsi persneling yang menentukan lancar tidaknya berkendara di jalan raya. Terkadang ada masalah pada bagian ini, maka cari tahu penyebab gigi mobil sulit dioperasikan.

Saat berkendara, pengemudi harus berpindah dari N (netral) ke gigi satu atau dua, dan seterusnya.

Jika hal ini tidak dilakukan maka mobil berada dalam kondisi tidak normal atau tidak dapat melaju. Oleh karena itu perawatan pada persneling sangatlah penting untuk dilakukan agar tidak terjadi kendala pada saat anda berkendara, misalnya saja masalah pada pengaktifan persneling.

Melansir laman Auto2000, Sabtu (31/8/2024), berikut penyebab persneling mobil susah digunakan: 1. Kabel kopling keras

Kotoran dan karat biasanya menyebabkan kabel flex kopling mengeras. Hal ini menyebabkan kotoran masuk ke sela-sela gigi persneling dan jalur geser menjadi lebih pendek. Persnelingnya sulit untuk dipasang.

2. Bushing tuas rusak

Bagian karet ini menahan tuas dan menahan getaran transmisi. Jika bagian tuas bushing rusak maka akan sulit untuk masuk ke persneling.

3. Lapisan kopling menjadi lebih tipis

Bantalan ini membantu transisi. Kondisi yang lebih tipis membuat perpindahan gigi menjadi sulit.

4. Pengaturan pedal tidak benar

Penting sekali untuk memilih bengkel yang ahli agar pengaturan pedal mobil terjamin akurat. Karena jika tidak pas maka gearnya pun tidak akan pas.

5. Cairan master bocor

Ada risiko terjadinya tekanan hidrolik yang tidak sempurna pada cairan utama yang bocor sebelum mobil digunakan. Kebocoran tersebut akan meluas dan menyebabkan beberapa bagian mobil tersumbat, termasuk girboks.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours