Apa Itu Senjata Kiamat, yang Bakal Digunakan Israel untuk Melawan Seluruh Negara Timur Tengah

Estimated read time 6 min read

TEL AVIV – Ketua Dewan Pekerja Industri Dirgantara Israel (IAI), Yair Katz, sesumbar negaranya siap melawan negara mana pun di Timur Tengah.

Dia mengatakan tentara Zionis mampu dan akan menggunakan senjata masa kini jika perang tersebut benar-benar terjadi.

“Jika kita memahami bahwa bahaya di sini nyata, dan Iran, Yaman, Suriah, Irak, dan semua negara di Timur Tengah memutuskan bahwa inilah saatnya untuk melawan kita, saya memahami bahwa kita memiliki kemampuan untuk menggunakan senjata untuk melawan hal ini. hari terakhir,” katanya di sebuah acara di Yehud-Monosson, Sabtu lalu.

“Amerika, Inggris, dan Jerman membantu kami dengan cerdas. Mereka memberi tahu kami jika ada aktivitas yang dapat membahayakan kami,” kata Katz.

Senjata kiamat apa yang dibicarakan Katz? Analisis yang dilakukan oleh Business Insider menyimpulkan bahwa itu adalah sinyal untuk senjata nuklir, yang tidak diakui atau disangkal dimiliki oleh Israel.

Baik Katz maupun IAI tidak memiliki komando atau kendali atas senjata nuklir.

Namun penggunaan kata “kemampuan” adalah pengingat bahwa Israel memiliki sistem pengiriman senjata nuklir darat, udara dan laut. Dengan kata lain, triad nuklir yang lengkap.

Ada delapan negara di dunia yang mengklaim memiliki senjata nuklir, empat di antaranya – Amerika Serikat, Tiongkok, India, dan Rusia – memiliki triad nuklir yang lengkap.

Pakistan mempunyai tiga serangkai partai, yang kelima adalah partai. Triad Israel memiliki perbedaan dan keterbatasan yang berbeda dibandingkan dengan yang lain.

“Triad nuklir Israel memiliki karakteristik triad nuklir regional seperti yang ditemukan di India dan Pakistan, namun tidak berupaya memiliki kemampuan serangan global,” Sebastien Roblin, jurnalis penerbangan militer, mengatakan kepada Business Insider.

“Tidak diperlukan kapal selam rudal balistik dengan rudal balistik yang diluncurkan dari kapal selam dan pembom berat, meskipun Israel menghadapi kesulitan geografis tertentu, terutama ketika berhadapan dengan Iran,” kata Roblin.

“Jadi, seperti Pakistan, Israel dapat mengandalkan jet tempur, kapal selam konvensional, dan rudal jelajah untuk melakukan apa yang mereka coba lakukan.”

“Tiga serangkai Israel tetap kuat untuk negara sebesar ini.”

Para ahli percaya bahwa Israel memiliki tiga sistem pengiriman utama hulu ledak nuklirnya.

Israel memiliki rudal balistik jarak menengah (IRBM) berbasis darat. Dikembangkan oleh Israel Aerospace Industries, IRBM ini mampu menyerang target pada jarak maksimum 3.000 mil.

Israel juga memiliki kapal selam diesel-listrik Dolphin 2 buatan Jerman, yang diyakini membawa rudal jelajah Popeye Turbo bersenjata nuklir, yang dapat mencapai sasaran hingga jarak 1.500 kilometer dan memiliki hulu ledak nuklir 200 kiloton.

Armada kapal selam yang sederhana memberi Israel kemampuan serangan kedua jika Jericho yang berbasis di darat dihancurkan oleh serangan pertama musuh. Selain itu, pesawat tempur dapat menjatuhkan bom nuklir.

Ryan Bohl, analis senior Timur Tengah dan Afrika Utara di firma intelijen risiko RANE, mencatat bahwa salah satu perbedaan utama antara triad nuklir Israel dan negara-negara lain adalah fokus regionalnya.

“Denuklirisasi Israel tidak dimaksudkan untuk mengasingkan kekuatan besar seperti Rusia atau China, melainkan kekuatan regional seperti Mesir dan Iran,” kata Bohl kepada Business Insider, menurut laporan pada Jumat (5/7/2024).

“Jika mereka menghadapi konflik nuklir besar yang akan berlangsung lama di Amerika Serikat, mereka tentu akan lebih siap menghadapi hal seperti itu.”

“Israel memiliki kemampuan rudal balistik antarbenua yang memungkinkan serangan terbatas di luar wilayah, tapi sekali lagi, hal itu tidak akan berdampak pada kekuatan besar,” kata Bohl.

“Sejauh yang diketahui sistem Jericho, sistem ini bersifat silo dan terestrial, namun kenyataannya, semua sistem terestrial rentan terhadap serangan pertama, yang merupakan alasan utama Israel mempertahankan triad,” kata Bohl.

Pesawat tempur Angkatan Udara Israel (IAF) juga berperan dalam triad.

“Sebagian besar percaya bahwa beberapa unit F-16 dan F-15I Ra’am IAF telah diberi peran nuklir, sehingga pesawat tempur dengan jangkauan dan muatan lebih besar menjadi lebih penting dalam perang jarak jauh melawan Iran,” kata Roblin.

Israel juga memiliki armada pesawat tempur F-35I generasi kelima, yang dapat menembus pertahanan udara musuh dengan lebih baik untuk menghancurkan sasaran strategis. Tidak jelas apakah F-35 Israel saat ini mampu membawa hulu ledak nuklir.

Roblin mencatat bahwa Angkatan Udara AS baru saja mensertifikasi F-35A untuk misi nuklir.

“Bagaimana Israel menempatkan senjata nuklir pada F-35I yang dibangun adalah sebuah misteri,” kata Roblin.

“Meskipun saya pikir mereka pada akhirnya akan mengambil tindakan nuklir, jika mereka belum melakukannya – mereka mungkin akan bertahan lebih lama dengan menjatuhkan bom gravitasi atau bom luncur,” jelasnya.

Pesawat Israel dapat menembakkan roket Popeye dari jarak dekat.

Israel telah mengembangkan beberapa rudal balistik yang diluncurkan dari udara, beberapa di antaranya digunakan dalam serangan terhadap Iran tengah pada bulan April.

Namun, tidak jelas apakah Israel memiliki rudal balistik yang diluncurkan dari udara dengan hulu ledak nuklir.

“Tantangan utama dalam mengembangkan rudal nuklir adalah kemampuan Israel dalam menghancurkan hulu ledak nuklirnya dibandingkan dengan ukuran hulu ledak rudal,” kata Roblin.

“Oleh karena itu, senjata yang mendukung kepala yang lebih besar lebih mudah untuk diubah.”

IAF dikatakan telah memiliki bom gravitasi nuklir sejak tahun 1973.

Roblin menyoroti bahwa Amerika Serikat “menginvestasikan miliaran dolar” untuk mengubah bom nuklir B61 menjadi penghancur bunker nuklir. Dia menduga Israel bisa melakukan proyek serupa.

“Jika Israel merencanakan serangan yang lebih agresif dengan senjata nuklir dengan harapan senjata tersebut dapat digunakan untuk menghancurkan silo dan fasilitas penyimpanan rudal nuklir musuh, mungkin Israel diam-diam telah membangun B61 baru yang mirip dengan milik Amerika,’ katanya . bom luncur SPICE,” kata Roblin.

Meskipun sangat baik bagi negara Israel, Bohl menyoroti beberapa keterbatasan dari triad Israel, dan mencatat bahwa kekuatan Israel yang sebenarnya bergantung pada dukungan dari Washington.

“Keterbatasan Israel mencakup persenjataannya yang terbatas dan sistem pengiriman yang lebih terbatas ke luar kawasan,” kata Bohl.

Namun di kawasan ini, tentu saja, Israel tidak ada bandingannya dalam hal kemampuan nuklir.

“Mengingat Amerika Serikat akan menjadi payung nuklir Israel terhadap ancaman ekstrateritorial, pembatasan ini tentu saja tidak membatasi pencegahan nuklir Israel terhadap sasaran utama seperti Iran,” lanjut Bohl.

Analis RANE juga mencatat bahwa militer AS menimbulkan ancaman pembalasan yang lebih berbahaya daripada kapal selam Israel terhadap negara mana pun yang mempertimbangkan serangan nuklir terhadap Israel.

“Ancaman kedua bagi Israel adalah Amerika Serikat sendiri, yang dalam skenario perang nuklir teoritis hampir pasti akan membalas atas nama Israel jika negara tersebut mendapat serangan pertama dari negara bersenjata nuklir lainnya,” kata Bohl.

“Hal ini membuat kemampuan serangan kedua menjadi penting untuk mencegah bangkitnya kekuatan seperti Iran.”

“Tetapi dari sudut pandang taktis, Amerika Serikat akan menjadi sistem serangan paling efektif kedua bagi Israel.”

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours