PT PAL: Transformasi keuangan lonjakkan pendapatan hingga 42,43 persen

Estimated read time 2 min read

Surabaya (Antara) – CEO PT PAL Indonesia Kahruddin Jenod mengatakan upaya transformasi keuangan mampu menghasilkan pendapatan bagi perusahaan yang meningkat sebesar 42,43 persen secara tahunan (year-on-year/year) pada tahun 2023 dibandingkan tahun lalu.

“Keberhasilan transformasi finansial ini menjadi bukti bahwa dengan manajemen yang baik dan kerja sama tim yang solid, perseroan dapat meraih prestasi gemilang,” ujarnya di Surabaya, Jawa Timur, Selasa.

Dalam Laporan Kegiatan Usaha (Revisi) tahun buku 2023 kepada para pemegang saham yaitu Kementerian BUMN dan Rapat Umum Pemegang Saham PT LEN Udyog (Persero) ditemukan bahwa PT PAL mampu meraih peningkatan pendapatan usaha. 42,43. persen pada tahun 2023.

Sedangkan jika ditinjau dari pendapatan lini bisnisnya, pendapatan dari bidang alutsista sebesar 86,98 persen, produk teknik umum sebesar 6,74 persen, produk perbaikan dan pemeliharaan sebesar 5,59 persen, dan pendapatan jasa lainnya sebesar nol 69 persen. 2023..

Pendapatan yang memberikan kontribusi terbesar didominasi oleh alutsista mencapai Rp3.142,58 miliar, ujarnya.

Kahruddin mengatakan, untuk mendapatkan pendapatan maksimal dalam 44 tahun beroperasi, pihaknya mendukung tahapan transformasi keuangan termasuk inovasi, perbaikan sistem dan komitmen tegas dari seluruh aspek perusahaan.

Bahkan, perubahan tersebut bisa menempatkan kesehatan PT PAL Indonesia pada kategori stabil atau sehat yang dikendalikan oleh Perusahaan Pemeringkat Nasional (PT Pefindo).

Menurut Kaharuddin, pencapaian ini menunjukkan fleksibilitas dan transformasi perusahaan ke arah positif, termasuk memenuhi kebutuhan maritim di tingkat nasional dan global.

“Hal ini kami lakukan dengan fokus pada aspek likuiditas, profitabilitas, dan solvabilitas perusahaan,” ujarnya.

Melalui upaya restrukturisasi keuangan dan pengelolaan arus kas yang baik, PT PAL Indonesia berhasil mengumpulkan level yang baik sehingga menjadi modal penting untuk memperkuat posisi PT PAL di pasar global.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours