8 Makanan yang Lebih Sehat Dikonsumsi Keesokan Harinya

Estimated read time 2 min read

JAKARTA – Beberapa makanan memang lebih sehat jika dimakan keesokan harinya. Ini mungkin terdengar aneh, tapi ini benar karena beberapa alasan.

Proses penyimpanan semalaman dapat meningkatkan nilai gizi dan mengubah rasa berbagai jenis makanan. Oleh karena itu, ada makanan tertentu yang dianjurkan untuk dikonsumsi keesokan harinya.

Namun, pastikan untuk menyimpan makanan dengan baik di wadah kedap udara di lemari es. Hindari memanaskan makanan terlalu sering karena dapat merusak nutrisinya.

Berikut 8 makanan yang sebaiknya disantap keesokan harinya, dilansir Times of India, Sabtu (27 Juli 2024).

8 makanan sehat untuk dimakan besok

1. gandum

Oatmeal kaya akan serat beta-glukan, yang membantu menurunkan kolesterol dan menjaga kadar gula darah. Saat Anda memasak oatmeal semalaman dan memanaskannya kembali keesokan harinya, kandungan serat beta glukan meningkat sebesar 15 persen.

2. Nasi

Nasi dingin semalaman memiliki indeks glikemik (GI) lebih rendah dibandingkan nasi hangat. GI rendah menjaga kadar gula darah tetap terkendali dan meningkatkan rasa kenyang.

3. Sup

Memasak sup semalaman akan membantu rasa bahan-bahannya tercampur lebih baik. Selain itu, sup yang dimasak perlahan lebih mudah dicerna dan mengandung lebih banyak nutrisi.

4. Kari

Kari yang dimasak semalaman memiliki rasa yang lebih kuat. Bumbu dan bumbu kari mempunyai waktu untuk meresap ke dalam daging dan sayuran, sehingga menghasilkan cita rasa yang lebih kompleks dan beraroma.

5. yogurt

Yogurt mengandung probiotik dan bakteri baik yang memberikan efek positif pada pencernaan. Fermentasi yogurt semalaman meningkatkan jumlah probiotik dan memberikan manfaat kesehatan.

6. daging panggang

Steak yang dimasak semalaman menjadi lebih empuk dan juicy. Proses ini memungkinkan enzim alami dalam daging memecah protein, sehingga menghasilkan tekstur yang lebih lembut dan rasa yang lebih kaya.

7. Telur

Telur yang dimasak semalaman lebih mudah dikupas dan kuning telurnya lebih padat. Selain itu, telur rebus lebih mudah dicerna dan mengandung lebih banyak nutrisi jika dibiarkan semalaman.

8. Potong buahnya

Memotong buah dan membiarkannya semalaman meningkatkan antioksidan. Enzim dalam buah beri bereaksi dengan oksigen di udara membentuk senyawa antioksidan yang memiliki efek positif bagi kesehatan.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours