Presiden Biden sebut kepemimpinan PM Kishida bersejarah

Estimated read time 1 min read

Washington (Antara) – Presiden AS Joe Biden telah mengirimkan pesan perpisahan kepada Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida dan menyebut kepemimpinannya sebagai sesuatu yang bersejarah.

Biden menyampaikan pengumuman tersebut setelah Kishida mengumumkan ia tidak akan mencalonkan diri lagi sebagai pemimpin Partai Demokrat Liberal (LDP) yang berkuasa pada September mendatang, ketika masa jabatannya sebagai perdana menteri Jepang berakhir.

“Kepemimpinan Perdana Menteri Kishida Fumio benar-benar bersejarah,” kata Biden melalui keterangan tertulisnya, Rabu (14/8).

Selain itu, Kishida juga mengambil langkah penting bersama Presiden Korea Selatan Eun Suk-yeol untuk memperkuat kerja sama trilateral antara Washington, Tokyo, dan Seoul, ujarnya.

“Juga memperkuat kapasitas menghadapi tantangan bersama,” ujarnya.

Dalam pengumumannya, Biden memuji Kisida karena bekerja berdampingan dengan Amerika Serikat untuk mendorong kawasan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka dan memimpin aliansi AS-Jepang ke tingkat yang lebih tinggi.

Partai LDP yang berkuasa, yang saat ini diketuai oleh Kishida, akan mengadakan pemilihan umum pada September 2024 untuk memilih presiden baru.

Siapa pun yang memenangkan pemilu ini akan menjadi Perdana Menteri Jepang berikutnya.

Sumber: Sputnik

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours