Pengawasan Bandara Soetta dan Ngurah Rai diperketat untuk cegah “Mpox”

Estimated read time 1 min read

Jakarta (Antara) – Pemerintah meningkatkan kewaspadaan di Bandara Soekarno-Hatta dan Bandara I Gusti Ngurah Rai untuk mencegah masuknya ayam monyet atau “mpox”.

“Tadi pagi kita rapat terbatas dengan Presiden Joko Widodo dan perlu tetap waspada,” kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menaparekraft) Sandiaga Uno 2024 usai menjadi narasumber Indonesia Digitalpreneurs. Pondok Pesantren Sentry Az-Ziyada, di Klendar, Duren Sawit, Jakarta Timur, Selasa.

Ia mengatakan, pengawasan terhadap jalur perjalanan internasional ditingkatkan, antara lain suhu tubuh, pemeriksaan fisik, dan pengisian kartu informasi kesehatan elektronik (e-HAC).

“Pemeriksaan suhu dan fisik dilakukan di bandara karena Mpox dapat dideteksi melalui pemeriksaan suhu dan fisik yang tinggi. Makanya kami melakukan ini,” ujarnya.

Menurutnya, aplikasi e-HAC yang digunakan pada masa pandemi COVID-19 akan diterapkan kembali. Selain itu, Indonesia akan menjadi tuan rumah Indonesia-Africa Forum (IAF) ke-2 di Bali pada 1-3 September 2024.

Meski begitu, kata Sandy, pemerintah tidak melakukan pembatasan atau larangan perjalanan internasional. “Tidak ada batasan atau batasan untuk memahami apa yang terjadi (terkait MPOX),” ujarnya. Baca juga: Penderita cacar monyet di Jakarta Selatan terbanyak dinyatakan sembuh

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours