Jangan Lengah! 5 Juta Ancaman Online Mengintai Pengguna Internet Indonesia

Estimated read time 2 min read

JAKARTA – Pesatnya perkembangan teknologi di Indonesia tidak hanya membawa manfaat, namun juga mengundang ancaman siber yang semakin canggih.

Laporan Kaspersky Security Network (KSN) mengungkapkan bahwa pada kuartal kedua tahun 2024, hampir 5 juta ancaman online berhasil digagalkan oleh Kaspersky, menunjukkan betapa rentannya pengguna internet di Indonesia terhadap serangan siber.

Upaya serangan menurun, namun ancaman tetap tinggi Meskipun jumlah upaya serangan siber mengalami penurunan sebesar 38,08% dibandingkan periode yang sama tahun lalu, angka 4.785.898 ancaman online yang terdeteksi pada kuartal kedua tahun 2024 tetap mengkhawatirkan.

Selain itu, terdeteksi pula lebih dari 8 juta ancaman lokal yang menunjukkan bahwa serangan siber tidak hanya datang dari dunia maya, namun juga dari perangkat yang terhubung secara offline.

“Di tengah lanskap ancaman siber yang terus berubah, penting bagi setiap individu untuk memiliki kebersihan siber yang baik. Penting bagi pengguna untuk memiliki jawaban atas semua skenario yang mungkin terjadi,” kata Yeo Siang Tiong, General Manager Asia Tenggara dan Perkembangan Asia di Kaspersky.

Indonesia: Target yang menarik bagi para penjahat dunia maya Indonesia, dengan jumlah pengguna internetnya yang besar dan terus bertambah, merupakan target yang menarik bagi para penjahat dunia maya.

Berdasarkan laporan KSN, 18,4% pengguna internet di Indonesia diserang oleh ancaman berbasis web pada kuartal kedua tahun 2024, menempatkan Indonesia pada peringkat 105 dunia dalam hal bahaya terkait penjelajahan web.

Pentingnya kesadaran dan perlindungan siber Untuk menghadapi ancaman siber yang semakin kompleks, kesadaran dan perlindungan siber adalah kuncinya. Nah berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan:

– Berhati-hatilah saat mengklik link atau membuka email dari pengirim yang tidak dikenal.

– Unduh aplikasi hanya dari toko resmi.

– Tidak memberikan izin akses pada aplikasi yang tidak dipercaya.

– Selalu instal pembaruan sistem dan perangkat lunak.

– Gunakan koneksi aman saat memasukkan informasi pribadi.

– Gunakan solusi VPN untuk mengenkripsi lalu lintas internet.

– Jalankan perangkat lunak anti-malware terbaru dan berkualitas tertinggi.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours