Profil 7 Cagub dan Cawagub PDIP di Pilkada 2024, Terbaru Pramono Anung-Rano Karno

Estimated read time 3 min read

JAKARTA – Profil 7 calon gubernur dan wakil gubernur Pilkada 2024 dari PDIP menjadi komentar yang menarik untuk disimak. Baru-baru ini, nama Pramono Anung terangkat di Pilgub Jakarta bersama Rano Karno.

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menggelar agenda gelombang ketiga bertajuk “Pengumuman Calon Ketua/Wakil Ketua Daerah” pada Senin (26 Agustus 2024). Saat itu, PDIP resmi mengusung sebanyak 6 calon gubernur dan wakil gubernur pada Pilkada Serentak 2024, yakni Banten, Jawa Tengah, Gorontalo, Kalimantan Utara, dan Nusa Tenggara Timur. dan Sulawesi Utara.

Hari ini, PDIP mendaftarkan Pramono Anung dan Rano Karno sebagai calon Gubernur DKI Jakarta ke KPUD DKI Jakarta. Sementara PDIP belum memutuskan siapa dua orang yang akan bertarung di Pilkada Jawa Timur dan Jawa Barat.

Profil Calon Gubernur dan Wakil Gubernur PDIP Pilkada 2024 41. Pilkada Sulut – Steven Kandouw dan Letjen TNI (Purn) Alfred Denny Djoike Tuejeh

Foto/Informasi

Steven Kandouw-Letjen TNI (Purn) Alfred Denny Djoike Tuejeh merupakan satu dari dua orang yang diusulkan PDIP untuk ikut serta dalam Pilkada 2024, yang keduanya ditugaskan untuk ikut serta dalam Pilgub Sulut.

Steven Kandouw menjabat Wakil Gubernur Sulut sejak 2016.

Sedangkan Alfred Denny Djoike Tuejeh merupakan pensiunan jenderal bintang tiga TNI yang pernah menjabat Pangdam XIII/Merdeka (2021-2023) dan Irjen (2023) dan masih banyak jabatan lainnya.

2. Pilkada Banten – Airin Rachmi Diany dan Ade Sumardi

FOTO/MPI/ARIF JULIANTO

Beralih ke Banten, ada pasangan Airin Rachmi Diany dan Ade Sumardi. Keduanya berencana memenangkan Pilkada Banten 2024.

Ayling menjabat Wali Kota Tangsel pada 2011 hingga 2021. Sedangkan Ade Sumardi merupakan Ketua DPP PDIP Banten. Dari segi aktivitasnya, Ade menjabat Wakil Bupati Leback pada tahun 2014 hingga 2023.

3. Pilkada Jawa Tengah – Andika Perkasa dan Hendrar Prihadi

FOTO/MPI/ARIF JULIANTO

Berikutnya adalah Jawa Tengah. Di provinsi, PDIP menurunkan kombinasi Andika Perkasa-Hendrar Prihadi.

Andika Perkasa adalah purnawirawan Jenderal TNI AD. Catatannya, ia menjabat sebagai Panglima Tentara Nasional Indonesia pada tahun 2021 hingga 2022.

Sedangkan Hendrar Prihadi sebelumnya menjabat Direktur Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah. Posisi ini akan dijabat mulai Oktober 2022.

Hendra kemudian juga menjabat sebagai Wali Kota Semarang pada tahun 2016 hingga 2021 dan Wakil Wali Kota Semarang pada tahun 2010 hingga 2013.

4. Pilkada Gorontalo – Hamzah Isa dan Abdurrahman Abubakar Bahmid

Foto/Tangkapan Layar

Hamzah Isa merupakan salah satu tokoh nasional Gorontalo. Pada Pilkada Gorontalo 2024, ia berpasangan dengan mantan anggota Partai Demokrat Abdulrahman Abubakar Bamid.

5. Pilkada NTT – Yohanis Fransiskus Lema dan Jane Natalia Suryanto

Foto/Tangkapan Layar

Yohanis Fransiskus Lema atau Ansy Lema merupakan Anggota DPR Partai Demokrat periode 2019-2024 yang mewakili Daerah Pemilihan II Nusa Tenggara Timur. Selain Adian Napitupulu, ia juga dianggap sebagai salah satu aktivis 1998.

Pada kampanye Pilgub NTT 2024, ia berpasangan dengan Jane Natalia Suryanto, pengusaha sekaligus Ketua Dewan Pertimbangan DPW PSI NTT.

6. Pilkada Kalimantan Utara – Andi Sulaiman dan Andri Partono

Foto/Tangkapan Layar

Terakhir, ada Kalimantan Utara. Di provinsi, PDIP memilih Andi Sulaiman dan Andri Partono.

Selama di TNI Angkatan Darat, Andi Sulaiman menjabat sebagai Kepala Badan Intelijen Negara (Kabinda) wilayah Kalimantan Utara dan Jawa Tengah. PDIP memasangkannya dengan Andri Partono.

7. Pilkada, Jakarta – Pramono Anung dan Rano Karno

Foto/MPI

Pramono Anung-Rano Karno merupakan wakil PDIP pada Pilkada DKI Jakarta 2024, dan keduanya baru mendaftar di kantor KPU Jakarta hari ini, Rabu, 28 Agustus 2024.

Pramono Anon sudah lama dianggap sebagai salah satu tokoh veteran di pemerintahan Presiden Joko Widodo. Ia menjabat sebagai Sekretaris Kabinet sejak Agustus 2015.

Sedangkan Rano Karno sebelumnya lebih dikenal sebagai aktor kawakan Battavi. Rano Karno terjun ke dunia politik dan menjabat Wakil Gubernur Provinsi Banten pada tahun 2012 hingga 2014.

Selain itu, ia juga menjabat sebagai Pj Gubernur Banten pada tahun 2014 hingga 2015. Saat ini Rano Kano masih tercatat sebagai anggota Partai Demokrat Rakyat Indonesia Kabupaten 3 Banten, dengan masa jabatan 2019-2024.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours