Kemenkominfo berupaya siapkan talenta digital sesuai kebutuhan

Estimated read time 2 min read

Jakarta (ANTARA) – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) tengah melaksanakan program peningkatan keterampilan pegawai serta menjalin kerja sama dengan lembaga dan organisasi lain untuk menyiapkan talenta digital yang memenuhi kebutuhan pemerintah dan manajemen industri. .

“Menurut Kementerian Komunikasi dan Informatika sendiri, kita sebagai pengawas digital harus memiliki keterampilan digital tidak hanya secara profesional, tetapi juga dalam hal pemikiran. Untuk itu, kita sedang mengembangkan dan meningkatkan kapasitasnya,” ujarnya. Direktur Jenderal Badan Akses Komunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Informatika Fadhilah Mathar berbicara dalam diskusi online yang berlangsung hari ini, Senin.

Kementerian Komunikasi dan Informatika menyelenggarakan pelatihan digital bagi pegawai pemerintah di kediamannya serta pegawai kementerian dan lembaga lainnya melalui program Government Transformation Academy (GTA).

Program ini dirancang untuk mengembangkan keterampilan digital aparatur sipil negara (ASN) dalam penyediaan solusi pelayanan sosial.

Departemen Komunikasi dan Informatika juga menyelenggarakan Program Digital Leadership Academy (DLA) yang meliputi pelatihan keterampilan digital bagi pejabat daerah, kepala departemen, dan pimpinan departemen.

Kementerian Komunikasi dan Informatika memiliki Politeknik Digital Yogyakarta yang merupakan reformasi dari Sekolah Tinggi Multimedia Yogyakarta untuk mempersiapkan sumber daya manusia yang memiliki keterampilan digital.

“Tujuan tersebut antara lain mempersiapkan penggunaan berbagai instansi dan lembaga yang akan mengelola pemerintahan yang telah dibentuk, seluruh transmisi frekuensi, Pusat Data Nasional dan Sistem Pemerintahan Elektronik (SPBE) lainnya,” kata Fadhilax. biasa disapa Indah.

Selain itu, Kementerian Komunikasi dan Informatika juga membangun kemitraan dengan perguruan tinggi dan lembaga terkait lainnya serta pemangku kepentingan untuk mempersiapkan keterampilan digital yang dibutuhkan industri.

“Digital Talent Scholarship sudah kita buat. Ini membantu kita untuk melahirkan talenta-talenta digital yang benar-benar bagus. Kerja sama dengan pihak luar seperti perguruan tinggi jelas membantu kita. Kita berharap ini bisa memajukan budaya digital,” tutur Indah.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours