SPKS: Petani Harus Kembangkan Produk UMKM Bahan Dasar Kelapa Sawit

Estimated read time 2 min read

CEMBI – Serikat Petani Kelapa Sawit (SPKS) menyelenggarakan workshop UMKM Kelapa Sawit dengan dukungan Badan Pengelola Dana Pertanian Sawit (BPDPKS). Mengangkat tema ‘Pembangunan Koperasi Berbasis Minyak Kelapa’, acara yang dilaksanakan selama dua hari pada tanggal 8-9 Agustus 2024 ini menghadirkan pelaku usaha kecil dan menengah dari Tanjung Jabung Barat, Tanjung Jabung Timur, Kota Jambi dan Muara Jambi.

Presiden SPKS Sabarudin mengatakan, petani kelapa sawit dan masyarakat sekitar perkebunan kelapa sawit memiliki sumber daya yang cukup untuk mengembangkan produk UMKM berbahan dasar kelapa sawit.

“Karena banyak sekali bagian dari minyak sawit yang bisa dimanfaatkan untuk membuat produk yang bernilai tinggi seperti makanan olahan dan produk rumah tangga seperti sabun mandi, deterjen dan lain sebagainya,” ujarnya.

Melalui workshop UMKM sawit ini diharapkan dapat menjadi lokomotif penggerak para petani sawit untuk mengembangkan produk UMKM sawit.

SPKS kini mendapat dukungan usaha UMKM dari koperasi di Kabupaten Tanjung Jabung Barat-Jambi. Produk mereka dijual baik di Jambi maupun di luar Jambi melalui pameran yang disponsori BPDPKS di Yogyakarta, Palembang, Makassar dan Jakarta.

Perkebunan kelapa sawit di Jambi sebagian besar dimiliki oleh petani, sekitar 592.714 hektar, kata Agusrizal, petugas jasa perkebunan Jambi. Pelabuhan merupakan peluang penting bagi petani dan masyarakat untuk menggunakan produk minyak sawit di luar penjualan TBS.

Oleh karena itu dalam pengembangan koperasi atau usaha kecil dan menengah khususnya untuk memperoleh permodalan diperlukan adanya kemitraan, seperti kerjasama dengan BUMD, BUMN, perusahaan swasta dan lain-lain. Selain perolehan modal, kemitraan ini membuka peluang akses pasar, teknologi, dan peningkatan sumber daya manusia.

Helmi Muhansyah, Kepala BPDPKS UKMK, mengatakan dengan aksi ini UMKM dan koperasi di Jambi akan mengembangkan produk baru kelapa sawit.

“BPDPKS terus mendukung dan mempromosikan produk UMKM dalam upaya memberikan kelapa sawit berkelanjutan kepada UMKM. BPDPKS berkomitmen untuk terus mendorong pembangunan ekonomi dan kesejahteraan petani kelapa sawit di seluruh Indonesia.”

Peserta dari UMKM dan Koperasi lainnya mengucapkan terima kasih kepada SPKS dan BPDPKS yang telah menyelenggarakan workshop ini, selain keseruan dan ilmu baru, produk UMKM dari peserta dapat diperkenalkan dan dipromosikan sehingga membuka pasar baru.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours