Indonesia Bertutur 2024, Upaya Perkuat Ekosistem Budaya

Estimated read time 3 min read

JAKARTA – Mega Festival Burtotor Indonesia 2024 telah diluncurkan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) sejak 7 Agustus 2024. Indonesia Bertotor 2024 diperkirakan akan berlangsung selama 12 hari dan berakhir pada Minggu (18/8/2024). ) di Pulau Nusa Dua.

Penampilan Maha Vasundari merupakan penampilan pembuka di Lapangan Chandra Moka, Batubulan, Gianyar, Bali. Sejak dibukanya Indonesia Burtotor 2024, serangkaian kegiatan telah tersaji, mulai dari program Katanaya, Lairamba, Akyana dan Samaya Sastra yang telah berakhir, kemudian berlangsung Visraloka dan rencana diakhiri dengan Anartha, Keranamaya dan Virama. .

Kajian Teknis Kebijakan Departemen Film, Musik dan Media, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Ernie Wanda menjelaskan, Mega Festival Burtotor di Indonesia pada tahun 2024 merupakan wujud konsistensi upaya pemajuan budaya kepada masyarakat. memperkuat. Ekosistem menurut hukum perkembangan kebudayaan.

Ernie mengatakan penguatan ekosistem budaya saat ini dan masa depan perlu terus bersinergi dengan pelaku budaya untuk menghidupkan kembali kreativitas budaya.

“Selamat menikmati Indonesia Burtotor 2024. Semoga melalui kolaborasi dengan 900 pelaku budaya, apa yang kami hadirkan dapat memperkuat ekosistem pengembangan budaya di Indonesia saat ini dan di masa depan.” kata Ernie, Minggu (18/8/2024).

Sebagai persiapan penutupan acara, Direktur Artistik Indonesia Burtotor 2024 Milti Suriodarmo mengaku siap menghadirkan perpaduan harmonis antara seni tradisi dan modern dengan bantuan teknologi dalam proses kreatif para seniman. Milati mengatakan, masyarakat bisa melihat berbagai karya kreatif yang mengacu pada tema utama Indonesia Burtotor 2024: Bersama Menuju Harmoni dan berbagai turunannya yang mengiringi keseluruhan program kegiatan.

“Di pulau itu, instalasi cahaya, video map, konser musik, pertunjukan tari, konser bioskop, dan opera lisan akan diadakan secara gratis selama lima hari. Melati mengatakan: “Sementara itu, pameran media komprehensif Visalaroka akan tetap dipajang di lima lokasi di Ubud hingga 18 Agustus.”

Direktur Burtotor Festival Indonesia 2024 Taba Sanchabakhtyar mengatakan, saat pengunjung memasuki terminal di semenanjung, mereka bisa melihat beberapa ciri mega festival seperti penjur merah muda yang mengarahkan mereka ke situs utama semenanjung. peristiwa. “Selalu ada ruang bagi tumbuhnya budaya baru dalam seni. Apalagi jika ingin memikat generasi muda, tentu ada adaptasi yang bentuknya menarik, ceritanya kekinian dan muncul dalam seni kontemporer,” kata Taba.

Diketahui, pelaksanaan Indonesia Burtotor Mega Festival 2024 juga sedang dikoordinasikan dengan sejumlah pihak, termasuk InJourney Tourism Development Corporation (ITDC) sebagai official venue partner di peringkat ke-7. Kolaborasi dengan pihak lain dinilai penting. Karena kami ingin menyelaraskan semangat seni dan budaya yang dimiliki oleh Indonesia Burtotor 2024.

Dalam hal ini, ITDC diharapkan dapat membantu mendatangkan pariwisata asing ke Bali. “Kita sangat merindukan tempat-tempat yang dapat menciptakan nilai tambah. Tidak hanya di bidang pariwisata, tetapi juga dalam pengembangan budaya, seni dan berbagai inisiatif kreatif terutama yang datang dan pergi kepada generasi muda di kawasan ITDC Nusa Dua. .Disampaikan,” kata Presiden ITDC Ari Respati.

Seluruh rangkaian Indonesia Bertotor 2024 di Museum Seni Nika, Museum Porlokis, Museum dan Resor Arma, Rumah Topeng dan Wayang Setia Dharma, Galeri Seni Tuneraka dan Pulau Peninsula di Nusa Dua akan berlangsung hingga Agustus 2024. Kapasitas maksimal 18 orang. Bergabunglah sekarang secara gratis dan nikmati pameran, pertunjukan, dan berbagai karya seni yang indah.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours