Stasiun KRL Inggris Gunakan Kamera Deteksi Penumpang Kereta

Estimated read time 2 min read

LONDON – Inggris telah meluncurkan sistem kereta komuter di Inggris yang menggunakan kamera canggih yang disembunyikan di stasiun-stasiun besar dan sistem kamera kecerdasan buatan (AI) untuk mempelajari detail tentang penumpang kereta.

Menurut Times, kamera bertenaga AI yang ditempatkan secara strategis di loket tiket menangkap wajah penumpang dan memasukkannya ke dalam layanan Rekognition Amazon, sebuah alat AI canggih yang menganalisis gambar untuk menentukan apakah ada emosi seperti kebahagiaan, kesedihan, dan kemarahan. Selain itu, sistem menghitung usia dan jenis kelamin penumpang.

Network Rail mengatakan program ini bertujuan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dengan memahami demografi penumpang dan keadaan emosi, serta dapat menghasilkan pendapatan iklan tambahan.

Tidak hanya itu, untuk mencegah rusa menabrak rel, Network Rail dan operator kereta api Inggris LNER telah memasang penghalang berbasis kecerdasan buatan di rel. Berkat tindakan ini, hampir 6.000 rusa berhasil dicegah melewati kereta.

Sistem pencegah dipasang di Stoke Junction, dekat Stoke-on-Trent, pada Mei 2023, menurut laporan BBC. Skema ini kemudian akan diperluas ke Little Bytham, dekat Grantham, pada bulan Desember 2023. Sistem ini menggunakan kecerdasan buatan untuk mengidentifikasi kapan rusa mendekati jalur dan mengaktifkan peringatan suara dan visual.

Johanna Priestley, insinyur rute untuk rute Pantai Timur Network Rail, mengatakan jalur kereta api adalah tempat yang berbahaya bagi hewan. Dengan bantuan sistem kecerdasan buatan ini dapat membantu menjaga keselamatan penumpang dan awak kereta api serta melindungi rusa dari rel kereta api.

Angka dari uji coba menunjukkan bahwa 2.765 rusa disingkirkan dari Little Bytham dan 3.147 dari Stoke Junction.

Sistem otomatis menggunakan sensor untuk mengidentifikasi kapan rusa mendekati jalan setapak dan akan membunyikan alarm untuk menghentikan hewan tersebut. Kamera memantau pergerakannya hingga ia bergerak ke jarak yang aman.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours