Malangnya Nikola Tesla, 5 Penemuannya Diklaim Orang Lain

Estimated read time 3 min read

JAKARTA – Nama Nikola Tesla memang tak sepopuler penemu lainnya. Meski karyanya mencapai ratusan, namun hal itu dibantah oleh sebagian orang.

Pria kelahiran tahun 1856 ini memang memiliki segudang bakat karena dikenal sebagai fisikawan, ilmuwan sekaligus ahli mekanikal dan elektrikal. Produktivitasnya tinggi dan dia bahkan berhak mengerjakan 30 pekerjaan dalam setahun, termasuk remote control, radio, dan mesin listrik.

Sayangnya, beberapa karyanya diklaim oleh orang lain, seperti Thomas Alva Edison. Tesla sebenarnya bermitra dengan Edison di New York City. Selama ini, karyanya kerap dikenali orang lain sehingga menyebabkan ia kehabisan uang.

Menurut berbagai sumber, Senin (2/9/2024), berikut penemuan Nikola Tesla yang disebutkan orang lain: 1. Radio

Tesla telah mengembangkan sistem komunikasi nirkabel dasar dan mengajukan paten pada tahun 1897 setelah mendemonstrasikan transmisi radio pada tahun 1893. Namun masyarakat mengetahui bahwa Guglielmo Marconi adalah penemu radio.

Penemuan Tesla merupakan sebuah revolusi dalam komunikasi melalui transmisi suara dan musik melalui telepon serta perkembangan teknologi komunikasi modern seperti televisi, telepon seluler, dan Internet.

Marconi sering dianggap sebagai penemu radio karena mengirimkan pesan radio melintasi Samudera Atlantik pada tahun 1901 dan dianugerahi Hadiah Nobel Fisika pada tahun 1909. Namun, Dewan Mahkamah Agung Amerika Serikat mencabut beberapa paten Marconi pada tahun 1943 dan mengakui kontribusi Tesla sebelumnya. .

2. Sinar-X

Eksperimen tabung vakum Tesla menghasilkan sinar-X pada tahun 1894. Ia mengambil sinar-X pada tubuh manusia, termasuk tangannya.

Penemuan ini mengubah dunia medis dengan memungkinkan dokter melihat ke dalam tubuh manusia tanpa operasi. Metode ini digunakan untuk mendiagnosis patah tulang, tumor dan penyakit lainnya.

Wilhelm Conrad Röntgen dikenal sebagai penemu sinar-X karena ia mempublikasikan penemuannya pada tahun 1895 dan memenangkan Hadiah Nobel Fisika pertama pada tahun 1901.

3. Masukan mesin

Tesla menemukan motor induksi, sejenis motor listrik yang menggunakan medan magnet berputar untuk menghasilkan tenaga, yang dipatenkannya pada tahun 1888. Sistem motor induksi adalah dasar dari banyak peralatan elektronik modern, termasuk pompa, kipas angin, kompresor, dan barang-barang rumah tangga lainnya . perangkat seperti kendaraan listrik.

Galileo Ferraris, seorang insinyur Italia, juga menemukan motor induksi bersamaan dengan Tesla. Namun Tesla dianggap sebagai penemu besar karena dialah orang pertama yang mengajukan paten.

4. Kendali jarak jauh

Tesla menguji perahu yang dikendalikan dari jarak jauh melalui gelombang radio pada tahun 1898. Metode ini merupakan salah satu contoh pertama dari teknologi kendali jarak jauh.

Kontrol jarak jauh merevolusi komunikasi dengan perangkat elektronik. Ini digunakan dalam berbagai aplikasi, termasuk televisi, mainan, drone, dan peralatan militer. Leonardo Torres Quevedo, seorang insinyur Spanyol, juga menemukan sistem kendali jarak jauh pada awal abad ke-20. Namun Tesla dianggap sebagai pionir dalam teknologi ini.

5. Pembangkit listrik tenaga air

Tesla merancang generator dan sistem transmisi listrik yang digunakan di pembangkit listrik Air Terjun Niagara pada tahun 1895.

Pembangkit listrik tenaga air menjadi sumber energi terbarukan yang penting, menyediakan listrik bagi jutaan orang di seluruh dunia. Hal ini juga membantu mengurangi ketergantungan terhadap bahan bakar fosil. George Westinghouse, pengusaha dan insinyur, sering dikaitkan dengan pembangunan pembangkit listrik tenaga air Air Terjun Niagara. Namun, Tesla memberikan kontribusi teknis yang signifikan terhadap proyek tersebut.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours