Bukan Hanya Kebangaan, Anggota Paskibraka Ternyata Juga Dapat Honor, Segini Besarnya

Estimated read time 2 min read

JAKARTA – Upacara proklamasi kemerdekaan RI yang kedua kali digelar di Aula Negara Istana IKN Nusantara, pada Sabtu, 17 Agustus 2024. Salah satu unsur besar dalam upacara tersebut adalah peringatan HUT ke-79. peringatan tahunan. Republik Indonesia adalah Pasukan Pendiri Bendera Pusaka (Paskibraka).

Bagi anggota Paskibraka, selain menjadi sebuah kebanggaan, ternyata setiap anggota Paskibraka juga patut mendapat apresiasi atas kontribusi dan komitmennya dalam menerima. Berapa biayanya? Artikel kali ini akan membahasnya, check it out!

Hormatilah Paskibraka dan Paskibra

1. Kehormatan Paskibraka tingkat pusat

Dihimpun dari berbagai sumber, besaran iuran yang diterima Paskibraka di tingkat pusat maupun nasional diperkirakan berkisar antara Rp3 hingga Rp10 juta. Pengurus Paskibraka juga bisa mendapat bonus atas prestasinya.

Selain honor, bentuk penghargaan lain juga diterima Paskibaraka. Hal ini dilakukan PT Pegadaian yang melalui tim Paskibraka nasional tahun 2022 memberikan beasiswa berupa simpanan emas dengan total nilai Rp 248 juta. Setiap anggota Paskibraka mendapat simpanan emas senilai Rp3 juta, dan setiap pelatih mendapat Rp juta.

2. Kehormatan Paskibra Provinsi

Kehormatan yang diterima Paskibra mungkin berbeda-beda di tingkat provinsi. Hal ini juga tergantung pada keputusan pemerintah provinsi dalam menentukan besaran honorariumnya.

Misalnya pada tahun 2022, Pemprov Sulawesi Barat akan memberikan honor sebesar Rp1,5 juta per orang Paskibra.

Anggota Paskibra juga mendapat kompensasi atas pelaksanaan pelatihan tersebut. Semua anggota juga menerima sertifikat untuk mendaftar ke pendidikan tinggi.

3. Kehormatan Paskibra Kabupaten/Kota

Begitu pula dengan Paskibra Honorer tingkat provinsi. Penghargaan Paskibra di tingkat pemerintah/kota juga berbeda-beda sesuai dengan aspek politik pemerintahan daerah.

Kisaran gaji Paskibra tingkat Kabupaten/Kota kurang lebih Rp500 ribu hingga Rp1,5 juta. Pemerintah daerah juga dapat memberikan manfaat lain seperti pendidikan gratis.

Misalnya saja pada periode 2021 dan 2022, sebanyak 140 anggota Paskibra Kabupaten Jombang mendapat penghargaan berupa biaya pendidikan dari Pemerintah Kabupaten Jombang.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours