Pj Gubernur Babel usulkan kenaikan royalti timah ke Presiden Jokowi

Estimated read time 2 min read

Pangkalpinang (ANTARA) – Penjabat Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Syafrizal ZA mengusulkan kenaikan bea masuk timah kepada Presiden Republik Indonesia Joko Widodo untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat di wilayah tersebut.

“Ada perasaan bahwa royalti penambangan timah yang tidak melebihi 3 persen dan diatur dalam PP Nomor 26 Tahun 2022 tidak proporsional sehingga tidak sebanding dengan dampak yang ditimbulkan, terutama terhadap lingkungan hidup dan dampaknya bagi kemaslahatan negara,” kata Syavrizal dalam siaran pers yang diterima LKBN ANTARA Babel di Pangkalpinang, Rabu malam: “Inilah masyarakat Babel.”

Menurut dia, berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 26 Tahun 2022 tentang Jenis dan Pengertian Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang Berlaku pada Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, pemerintah pusat selain menerima dividen sebesar 65 persen, juga menerima dividen sebesar 20 persen. royalti 3 Persen penjualan logam bisa.

Sedangkan sisanya sebesar 16 persen diperuntukkan bagi Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, 32 persen untuk wilayah produksi, dan 32 persen untuk wilayah sekitarnya.

Artinya, kenyataannya hanya 0,48 persen dari total 3 persen total penjualan logam timah setiap tahunnya yang disalurkan ke Pemprov Kepulauan Bangka Belitung, ujarnya.

Ia menyatakan, jumlah tersebut dinilai tidak sebanding dengan hasil pertambangan yang diperoleh PT Timah, misalnya, yang beroperasi di lahan seluas 284.288,82 hektare atau mencakup 17,3 persen wilayah Bangka Belitung, tidak termasuk swasta.

Menurut dia, peningkatan proporsi pendapatan timah diharapkan akan menyeimbangkan pelaksanaan program rehabilitasi dan pelestarian lingkungan.

Begitu pula bisa dijadikan alasan untuk menggairahkan perekonomian masyarakat, karena menurut statistik bulan ini, pertumbuhan ekonomi Babilonia hanya 1,03 persen.

“Kesempatan bertemu dengan Presiden Jokowi kemarin kami manfaatkan sebaik-baiknya untuk mengupdate situasi aktual di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, termasuk menyampaikan usulan kenaikan bea masuk timah menjadi 5 persen. Itu jawaban yang sangat positif, dan insya Allah , akan ditindaklanjuti,” kata Sfrizal di tingkat kementerian dan lembaga terkait.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours