Daftar Tim Peringkat Ketiga Terbaik Euro 2024, Belanda Masih Bisa Bernapas Lega

Estimated read time 2 min read

JAKARTA – Sebagai salah satu dari empat tim terbaik ketiga, Belanda menjadi salah satu tim yang beruntung bisa melaju ke babak 16 besar Euro 2024.

Meskipun dua tim teratas di setiap grup Euro 2024 dijamin mendapat tempat di babak 16 besar, hanya empat tim peringkat ketiga terbaik yang akan bergabung dengan mereka untuk melaju.

Kini setelah empat grup selesai, Belanda dan Slovenia akan melaju ke babak 16 besar.

Tim peringkat ketiga Grup E akan lolos ke 1/8 final dengan empat poin, dan jika mereka meraih tiga poin, perbandingan dengan Hongaria akan dimulai dengan selisih gol.

Kriteria berikut diterapkan untuk menentukan empat tim peringkat ketiga teratas:

A. Poin lebih banyak;

B. Perbedaan yang unggul dalam tujuan;

C. Lebih banyak gol yang dicetak;

D. Jumlah kemenangan yang lebih tinggi;

E. Poin disiplin rendah hanya didasarkan pada kartu kuning dan merah yang diterima pemain dan ofisial tim di semua pertandingan grup (kartu merah = 3 poin, kartu kuning = 1 poin, mengirimkan dua kartu kuning dalam satu pertandingan = 3 poin);

F. Posisi dalam peringkat keseluruhan Kualifikasi Eropa (lihat Pasal 23) atau Jerman, yaitu seri jika tim asosiasi tuan rumah terlibat dalam perbandingan.

Setelah empat tim peringkat ketiga teratas ditentukan, Pasal 21.05 peraturan menjelaskan seri mana yang akan dimainkan oleh tim peringkat ketiga. Baru setelah mengetahui keempat tim barulah alokasi untuk setiap babak 16 besar dapat dilakukan.

Pertandingan babak 16 besar manakah yang akan lolos ke tempat ketiga?

Tim peringkat ketiga saat ini

Grup A: Hongaria*

Grup B: Kroasia*

Grup C: Slovenia*

Grup D: Belanda*

Grup E: Slowakia

Grup F: Republik Ceko

Apa yang terjadi dengan tim peringkat ketiga sebelumnya?

Sistem ini diterapkan untuk Euro 2016, dan Portugal termasuk di antara tim peringkat ketiga di grup mereka. Pasukan Fernando Santos hanya unggul selisih gol hingga 1/16 – sebelum akhirnya mengangkat trofi.

Portugal kembali finis ketiga di Euro 2020 tetapi tersingkir di babak 16 besar, sementara Ceko, Swiss, dan Ukraina mencapai perempat final.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours