8 Pantai Terindah di Gunungkidul bak Surga Tersembunyi Yogyakarta

Estimated read time 3 min read

GUNUNGKIDUL – Pantai terindah di Gunungkidul ini bagaikan surga tersembunyi di Yogyakarta, Jawa Tengah yang sayang untuk dilewatkan. Deretan pantai ini menawarkan keindahan alam yang unik.

Bahkan, keindahan pantai terindah di Gunungkidul ini banyak diketahui wisatawan domestik maupun mancanegara dan menjadi tempat berfoto. Maka tak heran jika beberapa tempat ini bagus untuk berlibur.

Nah, pantai-pantai di Gunungkidul mempunyai pasir putih halus dan terumbu karang yang spektakuler. Selain itu, lautnya yang berwarna biru kehijauan membuat wisatawan bisa melihat keindahan biota laut.

Setiap pantai memiliki karakter tersendiri yang siap memanjakan wisatawan. Berikut delapan pantai terindah di Gunungkidul yang patut dikunjungi, dihimpun dari berbagai sumber, Rabu (3/7/2024).

8 Pantai Indah di Gunungkidul Sebagai Surga Tersembunyi Yogyakarta

1. Pantai Indrayanti

Foto/Traveloka

Pantai Indrayanti atau dikenal juga dengan nama Pantai Pulang Sawal merupakan salah satu pantai terpopuler di Gunungkidul. Dengan pasir putih bersih dan air laut jernih, pantai ini menyuguhkan pemandangan spektakuler.

Terdapat berbagai fasilitas seperti restoran dan fasilitas yang membuat kunjungan semakin menyenangkan. Keunikan Pantai Indrayanti adalah perpaduan antara keindahan alam dan bangunan modern.

2. Pantai Timang

Foto/Wikipedia

Pantai Timang terkenal dengan jembatan apung tradisional dan gondola yang menghubungkan pantai dengan batu besar di tengah laut. Perjalanan melintasi jembatan ini memang memacu adrenalin, namun pemandangan laut yang spektakuler menjadikan pengalaman ini tak terlupakan.

Jembatan dan gondola di sini dulunya digunakan para nelayan untuk menangkap lobster, menambah sejarah dan budayanya. Pantai ini pernah menjadi lokasi syuting reality show Korea Running Man yang dibintangi oleh Lee Kwang Soo.

3. Pantai Nglambor

Foto/Wikipedia

Pantai Nglambor merupakan surganya para peselancar dan penyelam. Dengan perairan yang tenang dan karang yang indah, pantai ini menawarkan pengalaman bawah laut yang menakjubkan.

Keunikannya terletak pada adanya dua buah batu besar mirip penyu yang konon menjadi pelindung alami pantai ini dari ombak besar.

4. Pantai Jogan

Foto/Trippadvisor

Pantai Jogan mempunyai keistimewaan berupa air terjun yang mengalir langsung ke laut. Kondisi ini jarang terjadi di pantai lain.

Pengunjung bisa menikmati keindahan air terjun sambil merasakan segarnya angin laut. Waktu terbaik mengunjungi Pantai Jogan adalah saat musim hujan, saat air pasang sedang kuat.

5. Pantai Krakal

Foto/Traveloka

Pantai Krakal terkenal dengan garis pantainya yang panjang dan ombaknya yang cocok untuk berselancar. Pasir putih dan bebatuan karang yang tersebar di sepanjang pantai menambah keindahan alamnya.

Pantai ini juga sering menjadi tempat diadakannya berbagai kompetisi selancar lokal. Keunikan Pantai Krakal terletak pada indahnya terumbu karang dan kasarnya ombak.

6. Pantai Pok Tunggal

Gambar/Trippadvisor

Pantai Pok Tunggal terkenal dengan pohon Duras yang tumbuh sendiri di tengah pantai, menjadi simbol unik. Pasir putihnya yang halus dan air laut yang jernih menjadikan pantai ini tempat yang tepat untuk bersantai.

Pengunjung juga dapat menikmati pemandangan spektakuler matahari terbenam di pantai ini. Yang membuat Pantai Pok Tunggal unik adalah pohon Duras dan indahnya matahari terbenam.

7. Pantai Siung

Foto/Traveloka

Pantai Siung dikenal sebagai salah satu kawasan panjat tebing terbaik di Indonesia, dengan tersedia lebih dari 250 jalur panjat tebing. Pemandangan terumbu karang yang spektakuler dan ombak yang besar menambah keindahan pantai ini.

Selain panjat tebing, pengunjung juga bisa menikmati keindahan alam dan ketenangan sekitar. Keunikan Pantai Siung adalah perpaduan olahraga ekstrim dan keindahan alam yang asri.

8. Pantai Drini

Foto/Wikipedia

Pantai Drini memiliki pulau kecil yang membagi pantai menjadi dua bagian dengan karakteristik berbeda. Sisi timur pantainya tenang, cocok untuk berenang dan bermain air.

Kini, sisi baratnya berbatu dan ombaknya lebih besar. Keunikan Pantai Drini adalah pulau kecil yang menjadi pembatas alami dan menawarkan berbagai macam aktivitas pantai.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours