Setara Tanam Ratusan Ribu Pohon, Lippo Malls Terapkan Sistem dan Tindakan Hemat Energi

Estimated read time 2 min read

JAKARTA – Sejalan dengan strategi perubahan iklim PT Lippo Karawaci Tbk, PT Lippo Malls Indonesia menerapkan metode dan langkah penghematan energi yang menghasilkan penghematan energi di dua mall andalan yang dikelolanya, sehingga akan menghemat 21% Lippo Mall Puri dan 24% di Sun Plaza Medan tahun 2023. Penghematan ini setara dengan penanaman 182.000 pohon per tahun di Lippo Mall Puri dan 146.000 pohon di Sun Plaza Medan.

Selain menerapkan langkah penghematan energi, kedua mal juga menerapkan sistem pemanenan air hujan yang menghasilkan penghematan air sebesar 31% di Lippo Mall Puri dan 35% di Sun Plaza. Kegiatan tersebut menghasilkan penghematan biaya energi sebesar Rp9.087,43 miliar dan Rp8.495,41 miliar per tahun untuk Lippo Mall Puri dan Sun Plaza.

Berkat dedikasi terhadap sistem dan langkah penghematan energi yang diterapkan oleh kedua pusat perbelanjaan ternama ini, Lippo Malls Indonesia berhasil memperoleh sertifikat EDGE (Excellence in Design for Greater Efficiency), yang merupakan standar bangunan ramah lingkungan dan sistem sertifikasi internasional. dikeluarkan oleh International Finance Corporation (“IFC”), anggota Grup Bank Dunia.

Sertifikasi EDGE diberikan kepada bangunan yang menunjukkan efisiensi sumber daya minimal 20% dalam hal energi, air, dan energi fisik material dibandingkan dengan bangunan konvensional. Di Indonesia, sertifikasi EDGE dikeluarkan oleh Dewan Bangunan Hijau Indonesia (“GBCI”).

Sun Plaza sendiri merupakan gedung pertama di Medan yang berhasil memperoleh sertifikat EDGE Green Building setelah melewati kriteria yang sangat ketat. Hingga saat ini, terdapat kurang lebih 120 bangunan bersertifikasi EDGE di seluruh Indonesia.

Perolehan sertifikasi EGDE ini sejalan dengan komitmen Lippo Malls Indonesia untuk mengambil langkah signifikan dalam meningkatkan efisiensi sumber daya sekaligus menerapkan desain berkelanjutan dan praktik lingkungan terbaik di seluruh operasionalnya.

Marlo Budiman, CEO PT Lippo Malls Indonesia mengatakan, “ESG merupakan salah satu aspek bisnis yang dihargai dan diupayakan secara aktif oleh Lippo Malls Indonesia.

“Penghematan energi dan air yang dicapai dengan EDGE tidak hanya dilihat sebagai penghematan biaya operasional, namun juga secara signifikan mengurangi dampak lingkungan melalui kinerja perusahaan yang memberikan perhatian khusus terhadap keberlanjutannya.”

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours