13 Bisnis Lokal Indonesia yang BA-nya Orang Korea, Skincare hingga Mi Instan

Estimated read time 3 min read

JAKARTA – Sejumlah pengusaha lokal Indonesia menggandeng warga Korea sebagai brand duta (BA). Tokoh-tokoh yang dijadikan BA umumnya berasal dari kalangan populer karena mempunyai pengaruh yang kuat terhadap fans di tanah air.

Para pebisnis harus menggunakan berbagai cara untuk meningkatkan penjualannya. Salah satunya adalah tentang mempekerjakan BA terkenal sebagai perwakilan perusahaan.

Seperti yang dilakukan para pebisnis lokal Indonesia berikut ini. Untuk menarik lebih banyak pelanggan, mereka juga merekrut beberapa orang ternama Korea Selatan sebagai BA. Pemilihan BA dilatarbelakangi oleh tingginya minat masyarakat terhadap Korea, termasuk publik figur.

Berikut sederet bisnis lokal Indonesia yang bekerjasama atau mempekerjakan orang Korea yang dikenal dengan BA.

Bisnis regional BA di Indonesia adalah Korea1. Traveloka, platform perjalanan online Traveloka, pada pertengahan tahun 2024 mendatang akan menggandeng aktor ternama Ji Chang Wook untuk menjadi wajah barunya. Menurut BA, bintang Melting Me Softly itu diberi “tugas” untuk memperkenalkan program promosi perjalanan Traveloka, EPIC Sales.

2. Mie Sedaap. Produk mie instan asli Indonesia ini juga banyak dipopulerkan oleh masyarakat Korea dengan sebutan BA. Pada tahun 2024, Mie Sedaap memiliki BA baru, aktris Ahn Hyo Seop. Sebelumnya brand mie instan ini juga pernah berkolaborasi dengan Choi Siwon Super Junior sebagai BA.

3. Merek kulit Whitelab Whitelab bertahun-tahun yang lalu juga bekerja sama dengan orang Korea seperti BA. Dia tak lain adalah salah satu anggota EXO, Sehun. Sehun dipilih BA untuk menginspirasi pria Indonesia agar menjaga diri layaknya wanita.

4. KopikoKopiko yang sudah berkali-kali tampil di dunia drama Korea, pernah berkolaborasi dengan aktor Soong Joong Ki untuk mempromosikan merek permen ini. Agar adil, Joong Ki membintangi drama Vincenzo pada tahun 2021.

5. Scarlett Brand kecantikan lokal ini merupakan salah satu yang kerap berkolaborasi dengan selebriti Korea ternama seperti BA. Beberapa nama beken telah direkrut, antara lain Song Joong Ki; Xiumin, Baekhyun, Suho, Kai, Chanyeol, DO, Sehun, dan Chen dari EXO, dan anggota girl grup kedua.

6. MS Cahaya. Brand kecantikan asli Indonesia ini menggandeng Cha Eun Woo sebagai brand Ambassador pada tahun 2022. Saat itu, MS Glow baru pertama kali menarik minat bintang K-Pop seperti BA. Dipilihnya aktor True Beauty sebagai BA MS Glow ini karena reputasi aktor tersebut sebagai orang tersehat di dunia.

7. Y.O.U Beauty Satu lagi brand kecantikan lokal yang berkolaborasi dengan artis ternama Korea seperti BA. Adalah Y.O.U Beauty yang beberapa tahun lalu memilih aktris Kim Soo Hyun sebagai wajah untuk mewakili merek tersebut.

8. SomethincSomethinc juga termasuk salah satu brand lokal yang pernah berkolaborasi dengan artis ternama Korea seperti BA. Nomor yang dipilih adalah aktris Han So Hee yang merupakan BA Something pada tahun 2022.

9. Kopi Luwak Merek kopi asli Indonesia ini pada tahun 2016 memilih aktor Lee Min Ho sebagai BA. Terbaru, BA Kopi Luwak bukan lagi seorang aktor, melainkan pelatih timnas sepak bola Indonesia, Shin Tae Yong.

10. Wardah Wardah telah menggunakan jasa Ayana Moon sebagai BA selama bertahun-tahun. Selebriti Korea asli adalah BA untuk merek kecantikan ini dari tahun 2002 hingga 2018.

11. Tokopedia Tokopedia beberapa tahun lalu melakukan promosi besar-besaran yang menggandeng idol K-pop ternama yaitu BTS dan BLACKPINK sebagai brand duta.

12. Gojek Gojek tak mau kalah pun merekrut member BTS sebagai BA. Kolaborasi Gojek dan BTS yang akan berlangsung pada pertengahan hingga akhir tahun 2022 melalui layanan pesan antar GoFood, layanan transportasi GoRide dan GoCar, program loyalitas GoClub, dan layanan pembayaran GoPay.

13. EverwhiteEverwhite disebut-sebut menjadi brand skincare lokal pertama yang menggandeng aktor Korea sebagai brand Ambassador, bintang drama Korea Home Town Cha Cha Cha, Kim Seon Ho. Kemitraan ini akan berlangsung pada tahun 2021.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours