Profil Irjen Pol Hendro Pandowo, Kapolda Babel Lulusan Akpol 91 Penyayang Kucing Liar

Estimated read time 2 min read

BANKA BELITANG – Kapolri Jenderal Pol Listo Sigit Prabow baru-baru ini melakukan mutasi, mutasi, dan kenaikan pangkat 157 perwira menengah (pamen) dan perwira tinggi (pati) di lingkungan Mabes Polri.

Salah satu satuan yang mengalami perubahan adalah Kapolres Pulau Belitung (Babel) yang kini di bawah kendali Irjen Paul Hendro Pandow. Irjen Hendro Pandovo menggantikan Irjen Paul Tornagogo yang sebelumnya menjabat Kapolri di Babel.

Perubahan tersebut tertuang dalam surat panggilan Polri (ST) tertanggal 26 Juli 2024 Nomor ST/1554/VII/KEP/2024 tentang peralihan jabatan Polri.

Auditor Jenderal Paul Tornagogo sendiri kini telah dipindahkan ke Pati Baharkam Paul.

Pekerjaan dan pengalaman

Irjen Hendro Pandow menjabat sebagai Kepala Dinas Sosial dan Budaya (Sahlisosbud) sejak April 2023, sebelum menjabat sebagai Kapolda Bangka Belitung.

Sebagai Irjen (Irgen) atau Jenderal Polisi bintang dua, Hendro berada satu pangkat di bawah Brigjen Polisi (bintang satu) dan satu pangkat di bawah Inspektur Polisi (bintang tiga).

Sepanjang karirnya, Hendro telah menduduki berbagai posisi strategis. Pada tahun 2016 menjabat sebagai relawan di Kapolrestab Bandung Pol, kemudian pada tahun 2018 menjadi Karoprovos Dipropam Pol.

Pada tahun 2020, pria kelahiran 12 Januari 1969 ini diangkat menjadi Wakapolda Metro Jaya. Beberapa tahun kemudian, ia diangkat menjadi Kopral Sahlisosbud.

Prestasi dan kasus penting

Irjen Hendro Pandovo dikenal karena keberhasilannya mendeteksi berbagai kejahatan besar. Semasa menjabat Kapolres Jakarta Pusat, ia pernah terlibat dalam penanganan kasus bom bunuh diri tahun 2016 di Gedung Sarina, Tamrin, Jakarta Pusat.

Selain itu, ia juga menangani Kasus Bom Taman Pendawa tahun 2017 dan Serangan Narkoba tahun 2017 di Berlin, Jakarta Timur.

Kehidupan pribadi dan media sosial

Hendro Pandowo sangat aktif di media sosial khususnya Instagram dengan ratusan ribu pengikut di akun @pandowohendro_007.

Ia kerap berbagi momen sehari-hari, termasuk aksinya memberi makan kucing liar yang mendapat reaksi positif dari teman-temannya.

Sejarah karir

– Kapolres Jakarta Pusat

– Kapolres Bandung

– Analis Kebijakan di Divisi Kriminal dan Intelijen Kriminal Kepolisian Negara

– Caroprovos dipropam polari

– Wakapolda Metro Jaya

– Kapolri Sahlisosbud

Karir Irjen Hendro Pandow terus bersinar, seiring ia baru saja dilantik menjadi Kapolri Pulau Bank. Pengalaman dan dedikasinya di berbagai posisi strategis menunjukkan komitmen kuat beliau dalam menjaga keamanan dan ketertiban di Indonesia.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours