Konsulat Jenderal Guangzhou rayakan HUT RI di tengah guyuran hujan

Estimated read time 2 min read

BEIJING (ANTARA) – Konsulat Jenderal Republik Indonesia (RI) di Guangzhou, China menggelar upacara pengibaran bendera dalam rangka perayaan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT) ke-79 bersama WNI di tengah hujan lebat.

“Momentum perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ini merupakan wujud refleksi kita semua khususnya generasi muda untuk mengapresiasi kemerdekaan dan mengisinya dengan hal-hal yang bermanfaat untuk mencapai Indonesia Emas 2045,” ujar Konjen RI di. Guangzhou, Ben. Perkasa Bersepeda, saat upacara di tengah hujan, demikian keterangan tertulis yang diterima Antara, Minggu di Beijing, China.

Dalam upacara tersebut, biker Konsul Ben Perkasa mengenakan pakaian daerah Teluk Palanga Provinsi Bangka Belitung, berupa jaket hitam dan celana hitam dengan dominan sarung kuning, serta topi hitam.

Sementara itu, upacara bendera dihadiri sekitar 200 WNI yang mengenakan pakaian daerah atau batik, termasuk delegasi Kementerian Agama yang dipimpin Irjen Kementerian Agama Faisal Ali Hashim yang menjadi pembicara pada upacara pengibaran bendera tersebut. Pertemuan resmi sedang berkunjung.

Selain itu, ada juga kelompok “guiqiao”, yaitu mereka yang lahir atau tinggal di Indonesia kemudian pindah ke Tiongkok pada tahun 1950-1960 dan kini menjadi warga negara Tiongkok setelah tinggal di berbagai kota di sekitar Guangzhou.

Sejumlah mahasiswa Indonesia yang sedang melanjutkan studi di berbagai universitas di Guangzhou menjabat sebagai petugas pada upacara tersebut.

Usai upacara, dilakukan pemotongan tomping dan para peserta upacara disuguhi pakaian nasional terbaik yaitu pakaian adat Dayak, peserta termuda, wakil pejabat upacara dan Irjen Kementerian Agama RI.

Acara dilanjutkan pada tanggal 17 Agustus dengan lomba-lomba khas populer yang sekaligus menjadi ajang promosi budaya Indonesia kepada masyarakat Tionghoa yang bekerja sama dengan stasiun TV lokal untuk memperkenalkan budaya Indonesia. WNI mengikuti tarik tambang perayaan HUT RI ke-79 di KJRI Guangzhou, China pada Sabtu (17/8). (ANTARA/HO-KJRI Guangzhou)

Perlombaan yang diperlombakan antara lain tarik tambang, makan kue, balap karung, balap kelereng, menari balon, dan tari poco poco. Sementara itu, kompetisi bulu tangkis dan tenis meja juga digelar sebelum 17 Agustus.

“Saya ingin merasakan nikmatnya merayakan 17 Agustus di luar negeri,” kata Nurul, warga negara Indonesia asal Jakarta yang sedang berkunjung ke Guangzhou.

Acara diakhiri dengan pengundian berhadiah tiket pesawat ke Indonesia sebagai hadiah utamanya.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours