Fakta-fakta Inggris Tembus Final Euro 2024, Catat Rekor Unik

Estimated read time 2 min read

DORTMUND – Inggris baru saja memulangkan Belanda dari Euro 2024 di babak semifinal, prestasi yang membawa tim berjuluk Tiga Singa itu melaju ke final.

The Three Lions punya rekor menarik di final Piala Eropa, di mana Inggris selalu meraih comeback sejak babak 16 besar.

Pada laga melawan Belanda, Kamis (11/7/2024) di Stadion Signal Iduna Park, Kolm Lõvi harus mencetak gol terlebih dahulu pada menit ke-7 lewat gol Xavi Simons.

Inggris kemudian berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-18 lewat gol putih Harry Kane. Hingga akhirnya The Three Lions berhasil mencetak gol penentu kemenangan melalui sepakan Ollie Watkins pada menit ke-90.

Kemenangan comeback ini tercatat dalam sejarah Three Lions. Pasalnya, Inggris menjadi tim pertama yang lolos ke final, selalu mencatatkan kemenangan comeback dari babak 16 besar Euro 2024.

“Inggris menjadi tim pertama yang mencapai final turnamen Eropa setelah mencapai babak 16 besar, perempat final, dan semifinal,” tulis UEFA dalam laporan yang dimuat di laman resminya, Kamis (7/11/2024).

Faktanya, Inggris benar-benar adalah raja comeback. Di babak 16 besar, tim polesan Gareth Southgate berhasil membalikkan keadaan dan mengalahkan Slovakia 2:1.

Kemudian, setelah bermain imbang 1-1 di babak perempat final, Swiss memaksa Swiss melakukan adu penalti dan kini The Three Lions menjadi korban Belanda.

Tidak hanya itu. Southgate pun menorehkan sejarah dengan menjadi manajer ketiga yang sukses membawa timnya melaju ke dua final berturut-turut.

“Bos Three Lions Southgate menjadi pelatih ketiga yang mencapai dua final Eropa setelah Helmut Schenn dari Jerman (1972 dan 1976) dan Bert Watts (1992 dan 1996),” tulis UEFA.

Di final, Inggris akan menghadapi lawan kuat, Spanyol. Duel tertinggi rencananya digelar pada Senin (15/7/2024) pagi di Stadion Olympia Berlin.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours