Pemkot Makassar targetkan dapat gaet investor jalan tol di MIF 2024

Estimated read time 2 min read

Makassar (ANTARA) – Pemerintah Kota Makassar di Sulawesi Selatan berupaya menarik investor ke Makassar Investment Forum (MIF) 2024 untuk berinvestasi di proyek Makassar Road Map.

MIF 2024 merupakan rangkaian penting dari delapan festival dan forum internasional bernama F8 Makassar yang akan diselenggarakan pada 24-28 Juli 2024.

Walikota Makassar Moh Ramdhan Pomanto mengatakan pada hari Selasa, “Ini adalah forum bagi negara-negara dan pemerintah daerah untuk berbagi keprihatinan investasi.

Proyek tol kontroversial tersebut merupakan proyek besar yang tengah dijajaki Pemerintah Kota Makassar bersama pemerintah pusat sejak awal tahun 2023. Proyek tersebut berupa jalan tol menuju Pantai Losari sepanjang 24 kilometer dengan nilai investasi sekitar Rp15 triliun. .

Sedangkan proyek Japparate merupakan regenerasi Anjungan Pantai Losari sepanjang 1,6 km yang mencakup jalan layang tiga lantai di kawasan Anjungan Pantai Losari. Biaya investasi proyek tersebut sebesar Rp 5 triliun. Baca Juga: F8 2024 Ungkap ‘Sekali Makassar’ Perkenalkan Wajah Makassar Baca Juga: 6 Toko Negara Konfirmasi Cat F8 2024. Menurut Danny Pomanto, Wali Kota Makassar menjuluki penyelenggaraan daerah MIF 2024. Pemerintah datang dari luar Sulawesi Selatan untuk mencari kerja sama.

Danny Pomanto: “Dari sini mereka saling berbagi investasi, khususnya di Makassar. Ada yang menjual, ada yang memberi, ada yang memberi, lalu bergabung. Kami juga menawarkan dan membuka peluang kepada industri lain. Lebih banyak lagi yang bergabung di forum ini” Danny Pomanto.

Rencana partisipasi berbagai negara dan pemerintah daerah dalam forum ini tidak lepas dari tema MIF 2024 yaitu “Investasi untuk Semua: Makasa, Asuransi Modal Nasional”.

Helmi Budiman, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu (DPM-PTSP) Kota Makassar Helmi Budiman mengatakan, selain proyek jalan tol, proyek seperti Metro Capsule dan Ducting Sharing juga diusulkan sebagai MIF 2024.

“Tujuan kami pada forum ini adalah untuk memberikan peluang investasi bagi Makasar dan mencari investor,” ujarnya.

Proyek Metro Capsul merupakan proyek angkutan umum berbasis listrik yang digagas Danny Pomanto dengan jalur kereta terpisah seperti LRT (jalan raya terpadu) untuk mengurangi kemacetan lalu lintas. Selain itu, proyek pipeline sharing merupakan proyek pemindahan atau pemasangan kabel bawah tanah di kawasan Sudirmanlopp. Menurut Helmi, pihaknya saat ini sedang mempersiapkan undangan ke beberapa negara untuk mengikuti MIF 2024 yang akan digelar pada 25 Juli 2024. Dua belas negara terpilih, termasuk AS, Korea Selatan, Belanda, Inggris, dan Singapura. . “Saat ini kami sudah mengundang 12 negara dan menunggu konfirmasi keikutsertaannya. Kami juga akan mulai menyiapkan undangan untuk pemerintah daerah,” tambah Helmi. Baca Juga: Sandiaga Uno Optimis Makassar bisa jadi pusat festival musik. Baca Juga: Pelindo Wilayah 4 Rekor Kapal Arus Capai 35.611 Panggilan

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours