Pemkot Jakarta Utara targetkan seluruh sekolah memiliki kantin sehat

Estimated read time 2 min read

Jakarta (ANTARA) – Pemerintah Kota Jakarta Utara mendorong seluruh sekolah di wilayahnya memiliki kantin sehat atau kantin yang menjual makanan bergizi kepada konsumen anak usia sekolah.

“Saat ini jumlah kantin sehat di Jakarta Utara masih 61,9%, dan targetnya semua sekolah bisa memiliki kantin sehat di akhir tahun,” kata Wakil Wali Kota Jakarta Utara Juaini saat kunjungan SDN 03 Pademangan Timur dari Jakarta . , Rabu. .

Dikatakannya, pada kunjungan hari ini, pihaknya ingin melihat langsung kondisi kantin sehat di SDN 03 Pademangan Timur.

Baik jajanan yang dijualnya maupun tata cara pembuatannya, seperti bahan makanannya, apakah sehat atau mengandung zat berbahaya.

Menurutnya, langkah tersebut diambil karena belakangan ini muncul beberapa penyakit pada anak yang memerlukan cuci darah.

“Hal ini tidak boleh terjadi dan upaya pencegahannya adalah dengan menciptakan kantin sehat bagi pelajar,” ujarnya.

Ia mengatakan, untuk mewujudkan hal tersebut, diperlukan sinergitas antara Kementerian Kesehatan dan Dinas Pendidikan agar seluruh kantin di Jakarta Utara menyediakan makanan sehat dan bergizi.

“Kedepannya, dengan kerja sama yang baik antara sekolah dan sudin, kita bisa mewujudkan kantin sehat di seluruh SD se-Jakarta Utara,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan dr Lysbeth Regina Pandjaitan menambahkan, dalam mewujudkan kantin sehat, seluruh penjaga akan mendapat pelatihan.

Selain itu, mereka akan mendapatkan sertifikasi yang menunjukkan bahwa produsen pangan memiliki keterampilan menyiapkan makanan sehat.

“Semua produsen makanan sudah bersertifikat dan kami memberikan pelatihan cara penyajian makanan dan cara menyiapkan makanan sehat dan bergizi untuk anak-anak,” ujarnya.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours