Usung Acep Adang Ruhiat-Gita KDI, PKB Fokus Perbaikan Layanan Dasar Jawa Barat

Estimated read time 3 min read

JAKARTA – Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) resmi menetapkan Acep Adang Ruhiat dan Gitalis Dwi Natarina sebagai calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat pada Pilkada 2024, kiai Acep Adang Ruhiat diyakini membawa perbaikan mendasar bagi masyarakat. Jawa Barat Sektor jasa khususnya pendidikan dan kesehatan akan dimunculkan.

“PKB menghadirkan KH Acep Adang Ruhiat untuk memimpin Jawa Barat. Dengan prestasi beliau, kami yakin Jawa Barat akan memiliki pemimpin yang mengedepankan kepemimpinan moral dan meningkatkan pelayanan dasar, khususnya pelayanan pendidikan dan kesehatan. Ketua DPW PKB Jabar Syaiful Huda mengatakan pada Jumat (30/8/2024).

Huda mengatakan, keputusan PKB menetapkan KH Acep Adang Ruhiat sebagai Cagub Jabar didasarkan pada pertimbangan yang matang. Awalnya, PKB hanya mengangkat Kiai Adang sebagai wakil gubernur karena jumlah ambang batasnya tinggi dan kursi PKB tidak mencukupi. Namun setelah adanya putusan MK, PKB mempunyai peluang untuk mengajukan calon gubernur dan wakil gubernurnya sendiri sehingga tidak segan-segan mengangkat Kiai Adang sebagai Jabar 1, ujarnya.

Huda mengatakan, Kiai Adang memiliki rekam jejak panjang dalam bidang administrasi publik. Adik Rais Aam PBNU KH Ilhas Ruhiyat merupakan anggota DPRD Provinsi Jawa Barat (DPRD) periode 2004-2014. Ia telah menjadi anggota DPR selama sepuluh tahun terakhir. “Selama hampir dua dekade Kiai Adang menjadi anggota komite yang bertanggung jawab atas berbagai layanan dasar khususnya pendidikan, sehingga pengalaman ini akan sangat berguna dalam meningkatkan layanan pendidikan di Jawa Barat,” ujarnya.

Huda mengatakan Kiai Adang saat ini aktif dalam kepengurusan pesantren sebagai Ketua Yayasan Pondok Pesantren Cipasung di Tasikmalaya. Menurutnya, pengalaman tersebut penting karena Kiai Adang tidak hanya fasih membawakan layanan pendidikan, namun juga memiliki rekam jejak langsung dalam mengelola lembaga pendidikan.

“Dengan simbol pesantren yang menyebut provinsi ini sebagai daerah keagamaan, maka Kiai Adang akan lebih mudah berkomunikasi dengan pemangku kepentingan di Jabar,” ujarnya.

Huda mengatakan, kehadiran gitaris Dwi Natarina akan melengkapi peran pentolan Jawa Barat, Kiai Adang. Sebagai pelaku aktif di bidang seni, perempuan yang akrab disapa Gita KDI ini akan fokus mengemban tugas memperkuat peran pemuda di Jawa Barat.

“Dengan adanya jaringan industri seni tarik suara akan memberikan lebih banyak ruang bagi generasi muda untuk berperan lebih besar dalam pembangunan Jawa Barat ke depan,” ujarnya.

FYI: PKB memutuskan mencalonkan KH Acep Adang Ruhiat bersama Gitalis Dwi Natarina untuk Pilkada 2024 di Jawa Barat. Mereka akan bersaing dengan Golkar, Gerindra, PAN, PSI, Koalisi Demokrat, dan duet Dedy Mulyadi-Erwan Setiawan yang didukung koalisi. Sembilan partai non-parlemen. Belakangan, duo Ahmed Saiku-Ilham Habibi didukung koalisi PKS, NasDem, dan PPP. Selain itu, mereka juga akan bersaing dengan pasangan Jeje Wiradinata-Ronald Surapdja yang diusung PDI Perjuangan.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours