5 Olahraga Terbaik yang Bisa Bantu Meninggikan Badan Selain Renang

Estimated read time 3 min read

JAKARTA – Beberapa jenis olahraga membantu menambah tinggi badan. Meski tidak secara langsung, olahraga jenis ini mempunyai kontribusi yang sangat berharga dalam memajukan pembangunan manusia.

Tinggi badan sendiri sebenarnya sangat dipengaruhi oleh faktor genetik. Menurut Healthline, faktor genetik menyumbang sekitar 80% dari tinggi badan Anda. Selain itu, ada faktor lingkungan yang mempengaruhinya yaitu pola makan dan olah raga.

Jadi jika kita berbicara tentang olahraga, sebagian dari mereka percaya bahwa olahraga membantu menambah tinggi badan. Salah satunya adalah berenang.

Berenang memang bisa memberikan efek positif bagi kesehatan tulang belakang. Jika Anda berenang dengan teknik yang benar, tulang belakang akan meregang dengan baik dan berdampak positif pada keadaan tubuh.

Namun, sebenarnya belum ada bukti ilmiah bahwa berenang berdampak langsung terhadap pertumbuhan. Pertumbuhan tinggi badan biasanya berakhir dengan tertutupnya lempeng pertumbuhan, dan proses ini bergantung pada faktor genetik.

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut sejumlah olahraga yang bisa membantu menambah tinggi badan dengan berenang.

1. Bola Basket Rutin bermain bola basket di usia muda memberikan efek positif bagi kondisi tubuh dan kesehatan tulang belakang. Selain itu, karena bola basket adalah olahraga yang memerlukan lompatan, olahraga ini dapat membantu memperkuat otot kaki Anda, yang pada gilirannya membantu menjaga postur tubuh yang benar dan membuat Anda terlihat lebih tinggi.

Namun perlu diperhatikan bahwa pengaruh bola basket terhadap tinggi badan berbeda-beda pada setiap orang. Karena struktur genetik dan laju pertumbuhan setiap orang juga berbeda.

Artinya bermain basket tidak menjamin pertumbuhan tinggi badan. Namun olahraga teratur selama masa perkembangan memberikan efek positif bagi kesehatan dan kondisi umum.

2. Bola Voli Bola voli merupakan olahraga beregu yang memberikan aktivitas fisik dan olah raga, namun bukan merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi tinggi badan secara langsung. Faktor-faktor seperti genetika, pola makan dan gaya hidup secara langsung mempengaruhi tinggi badan. Bola voli sebenarnya hanya memberikan kontribusi.

Pada anak-anak dan remaja, bermain bola voli meningkatkan perkembangan tulang dan meningkatkan kekuatan otot. Hal ini berpotensi memperbaiki postur tubuh dan membantu komposisi tubuh. Kesimpulannya, permainan bola voli dapat menambah tinggi badan yang dipadukan dengan pola makan sehat selama tumbuh kembang.

3. Yoga Yoga dapat memperkuat otot, menyelaraskan tubuh dan membantu postur tubuh. Ini pada akhirnya akan membantu Anda berdiri lebih tinggi.

Meregangkan dan memanjangkan tubuh sambil memutar tulang dan otot dalam berbagai gerakan yoga terbukti menjadi cara penting untuk menambah tinggi badan beberapa inci. Pose yoga yang dapat membantu memperbaiki postur tubuh dan menambah tinggi badan antara lain: Pose Pohon, Pose Kobra, Pose Gunung, dan Pose Anak.

4. Lompat Tali (Jump) Ini mungkin dianggap teknik lama, namun efektif untuk menambah tinggi badan. Melompat dan meregangkan kaki semaksimal mungkin saat berada di udara dapat memberikan manfaat bagi tubuh.

Ingatlah bahwa banyak saraf berasal dari telapak kaki dan menyebar ke seluruh tubuh. Saat Anda melakukan latihan seperti lompat tali, otot Anda terus berkontraksi dan meregang. Gerakan yang terus-menerus ini dapat merangsang produksi hormon pertumbuhan di seluruh tubuh, termasuk tubuh bagian bawah, sehingga membantu menambah tinggi badan.

5. Bulutangkis Meski bulutangkis umumnya tidak dikaitkan dengan pertumbuhan, namun olahraga ini efektif merangsang pertumbuhan. Dengan bermain bulutangkis, Anda melatih otot bahu dan meregangkan tulang belakang secara intensif.

Selain itu, pukulan seperti backhand lob dan putt dapat memberikan rangsangan yang signifikan pada otot bahu dan punggung. Jadi gerakan dan aktivitas tersebut dapat membantu menambah tinggi badan.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours