Kisah Cinta Jenderal LB Moerdani Berani Tolak Menikahi Putri Bung Karno, Alasannya Sudah Punya Pacar

Estimated read time 3 min read

Foto oleh Purnawirawan Jenderal TNI L.B. Mordani merupakan seorang pemimpin militer yang namanya sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Semasa hidupnya, mantan Panglima TNI ini punya segudang cerita menarik, termasuk kisah cinta.

Mayor (inf.) Benny Moardani berbincang dengan Presiden Sukarno usai pelantikan Shakti Nakshatra di halaman Istana Merdeka pada November 1960. Foto/reproduksi/seni

Di awal karirnya, Benny Mordani merupakan tokoh kunci yang meraih kesuksesan di bawah dua presiden berbeda. Sebelum menjadi orang kepercayaan Presiden Soeharto, Bung Karno dikenal dengan berbagai prestasinya dalam misi dan penugasan.

Misalnya saja Benny yang menjadi salah satu prajurit penerima Penghargaan Bintang Shakti. Penghargaan tersebut diberikan oleh Presiden Sukarno pada bulan November 1960 dan diperuntukkan bagi prajurit yang berjasa dalam operasi pembebasan Irian Barat.

Bakat Benny berhasil merebut hati Bung Karno. Suatu hari Benny ditawari untuk menikahi putri Sukarno, namun ia menolak.

Bung menolak menikahi putri Carnot

Sukarno dan Benny Mordani sering bertemu. Salah satunya saat penyiar berbicara tentang alasan negara harus memiliki tentara elit (Kakrabirawa).

Di tengah perbincangan tersebut, Bang Karno tiba-tiba meminta Benny bergabung dengan Chakrabirawa. Seketika Benny terdiam kaget, menenggelamkan suasana.

Benny tidak pernah menyangka akan menerima perintah seperti itu. Namun akhirnya ia berani menanggapi dan menolak keinginan Bang Karno.

Sebab, menurut Benny, tugas yang dilakukan Chakrabirava bukanlah pekerjaan seorang militer profesional. Suara Sukarno meninggi menanggapi penolakan tersebut.

Seperti seruan Bang Karno yang mengutip uraian Benny Mordani tentang Prajurit-Negarawan, “Apa yang membuatmu mengira Chakraborty bukan prajurit?”

Setelah itu, Benny menjelaskan penolakannya dengan mengatakan bahwa ia ingin menjadi komandan brigade terlebih dahulu. Cara ini terbukti ampuh, dan Bung Karno mengalihkan pembicaraan ke topik lain.

Selama ini, Sukarno bercerita soal urusan keluarga terkait anak-anaknya. Ia mengungkapkan keinginannya untuk menikahkan anaknya dengan seorang prajurit.

“Saya ingin putri saya menikah dengan seorang pahlawan. Ya seperti kamu,” kata Bang Karno.

Mendengar hal itu, Benny langsung tahu bahwa ia ingin agar Sukarno menjadi menantunya. Namun, dia tidak bisa memenuhinya karena dia punya pilihan sendiri.

Berbeda dengan dulu, Benny kini berhati-hati dalam menghadapi penolakan. Ia berusaha sekuat tenaga mencari kata-kata penolakan yang tidak menyakiti perasaan Bang Karno.

Benny segera mengaku sudah memiliki tunangan, mantan pramugari Garuda bernama Hurtini. Menariknya, Sukarno sangat mengenal keluarga Hartini.

Paman Hartini, Ir Anvari, adalah teman kuliah Sukarno di Sekolah Teknik (ITB) Bandung.

Suatu hari, Ira Anvari diundang ke istana untuk menerima penghargaan. Hurtini dan keluarganya hadir.

Namun, Sukarno mengetahui bahwa Hartney berkencan dengan Benny Mordani. Pada akhirnya Bung Karno bisa menerima alasan penolakan Benny dengan lapang dada.

Demikian sekilas kisah purnawirawan Jenderal L.B. Mordani yang menolak menikah dengan putri Bang Karnot.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours