Spesifikasi Pesawat Anti Kiamat Amerika Boeing E-4B, Kendaraan Khusus yang Diciptakan Jika Terjadi Bencana Nuklir

Estimated read time 2 min read

JAKARTA – Pesawat anti-apokaliptik Amerika Serikat dirancang khusus untuk mengangkut banyak pejabat penting ke berbagai tempat pada siang dan malam hari. Karena itulah pesawat ini terkenal dengan keawetannya.

Saat ini Amerika Serikat dikabarkan memiliki empat pesawat anti kiamat, salah satunya Boeing E-4B. Pesawat itu dirancang untuk menjaga operasional pemerintah bahkan jika terjadi bencana nuklir.

Amerika Serikat diyakini siap melatih Boeing E-4B Anti-Apocalypse pada tahun 2022. Hal ini terjadi setelah Presiden Rusia Vladimir Putin mengumumkan kesiapan kekuatan nuklir.

Spesifikasi Boeing E-4B, pesawat anti-apokaliptik Amerika

Boeing E-4B anti-apokaliptik Amerika adalah bagian dari armada Nightwatch yang dikembangkan oleh militer AS sejak tahun 1970-an.

Pesawat ini menelan biaya pembuatan $200 juta atau sekitar Rp 3,1 triliun (dengan kurs Rp 15.528).

Pesawat ini dilengkapi dengan peralatan komunikasi terlengkap dan tercanggih yang pernah diterbangkan.

Menurut Angkatan Luar Angkasa A.S., Milstar adalah “sistem satelit komunikasi gabungan yang dirancang untuk memenuhi persyaratan perang yang penting untuk gangguan yang aman dan menyediakan koneksi yang persisten di seluruh dunia.

Kokpit memiliki kontrol analog, dan stasiun kerja dilengkapi dengan telepon dan monitor yang disesuaikan untuk beroperasi jika terjadi pulsa elektromagnetik nuklir.

Kompartemen khusus di bagian atas pesawat, yang disebut “radome”, berisi lebih dari 65 antena dan parabola. Antena digunakan di seluruh dunia untuk berkomunikasi dengan kapal laut, kapal selam, pesawat terbang, dan telepon rumah.

Selain itu, setiap jendela kokpit dilengkapi dengan jaringan pelindung pulsa elektromagnetik (EMP) untuk melindungi sistem sensitif pesawat dari kerusakan.

Pesawat-pesawat tersebut juga memiliki kemampuan mengisi bahan bakar selama penerbangan, yang memungkinkan mereka bertahan di udara hingga 35,4 jam. Menariknya, saat perang, pesawat ini bisa mengisi bahan bakar di tengah penerbangan.

Meskipun rincian pastinya dirahasiakan, E-4B diyakini “kebal” terhadap efek pulsa elektromagnetik nuklir (EMP) dari bom nuklir dan menjanjikan peningkatan signifikan dalam kemampuan komunikasi selama bertahun-tahun.

Pesawat apokaliptik Amerika diyakini sebagai cara terbaik untuk menjamin keselamatan presiden dan pejabat tinggi pemerintah jika terjadi serangan nuklir.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours