Pemerintah Uji Coba Runway Bandara IKN Gunakan Pesawat Kalibrasi

Estimated read time 1 min read

JAKARTA – Pemerintah sukses melakukan uji landasan (runway test) di Bandara Ibu Kota Nusantara (IKN) pada Minggu (25/8/2024). Proses uji coba disaksikan langsung oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.

“Kami sedang melakukan uji terbang sekarang, karena ini bukan hanya landasan pacunya, tapi saluran udaranya. Semua direncanakan untuk menghindari konflik dengan Bandara Balikpapan dan Samarinda. Jadi bila digunakan dengan tinggi. Frekuensinya, tidak akan ada konflik di wilayah udara,” kata Menteri Perhubungan dalam keterangannya.

Uji lepas landas dan pendaratan dilakukan menggunakan pesawat kaliber King Air Type 200, membuktikan bahwa pesawat tersebut sedang dalam proses uji operasional untuk memastikan siap terbang pada jalur penerbangan baru. Setelah uji coba ini, akan menyusul beberapa perubahan lain terkait keselamatan dan keamanan penerbangan.

Menteri Basuki mengatakan, pembangunan landasan pacu bandara IKN mencapai panjang 1.025 x 30 meter. “Kalau kondisi kering pun bisa mencapai 1.025 meter, dan target awal September 2.200 meter sudah bisa mendaratkan jet B737,” jelasnya.

Bandara IKN memiliki luas 347 hektar dan dilengkapi dengan VVIP dan VIP suite seluas 7.352 m2. Bandara ini dirancang untuk menangani 3 pesawat berbadan besar. Kehadiran bandara ini diyakini akan menjadikan kawasan IKN lebih terbuka, lebih terhubung, dan lebih mudah dijangkau dari mana saja.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours