Xpeng Akan Luncurkan Mobil Terbang November Ini, Begini Bentuknya

Estimated read time 2 min read

BEIJING – Xpeng AeroHT, didukung oleh CEO Xpeng He Xiaopeng, secara resmi meluncurkan pesawat modular barunya.

Pesawat luar angkasa yang terdiri dari dua bagian utama, yaitu kapal induk dan pesawat terbang, dijadwalkan melakukan penerbangan publik pertamanya pada November tahun ini.

Menurut SCMP, pesawat Xpeng akan mulai dijual akhir tahun ini dengan harga kurang dari $280,000, dengan pengiriman dijadwalkan pada tahun 2026.

Didirikan pada tahun 2013 dengan dukungan finansial dari He Xiaopeng, Xpeng AeroHT bertujuan untuk mengembangkan mobil terbang sejati.

Namun, mobil terbang perusahaan di masa lalu lebih mirip drone daripada mobil.

Pada tahun 2021, Xpeng AeroHT mengumumkan rencana pesawat generasi ke-6 sebagai kendaraan lengkap dengan rotor lipat di atapnya.

Namun sangat sulit untuk mengunci rotor agar tidak bergetar saat mesin dijalankan.

Hasilnya, Xpeng AeroHT telah memulai kembali proyek mobil terbangnya dengan proyek “Land Aircraft Carrier” yang pertama kali diumumkan pada Oktober 2023. Kini mobil modular tersebut telah memulai debutnya di China.

Kapal induk Xpeng yang merupakan salah satu komponen utama armada ini merupakan kapal besar berporos tiga dengan panjang 5,5 meter, lebar 2 meter, dan tinggi 2 meter.

Memiliki desain minimalis dengan bentuk bodi kotak-kotak dan pilar A ramping yang menyatu dengan garis atas. Namun model ini masih jauh dari pendahulunya karena tidak memiliki kaca spion samping.

Menurut Xpeng AeroHT, pesawat ini merupakan pesawat EREV (Electric Range Extended Vehicle) tegangan tinggi 800V.

Di bawah kapnya terdapat mesin pembakaran internal yang tidak mengirimkan torsi ke roda, melainkan menggerakkan motor listrik bertenaga baterai.

Operator kompak ini memiliki jangkauan 1.000 km (menurut standar CLTC) dan dapat diisi dayanya dari 30 persen hingga 80 persen dalam 18 menit.

Dengan sekali pengisian daya, pesawat dapat mendukung 5-6 penerbangan dan juga mendukung dua jenis kontrol: mekanis dan otomatis.

Mobil Terbang Modular Xpeng akan debut di Zhuhai Aviation Show pada bulan November ini, dan produksi massal serta pengiriman mobil modular ini baru akan dimulai pada tahun 2026, karena Xpeng AeroHT juga bukan di pabrik perakitan.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours