Spesifikasi The Protector, Kendaraan Tempur Baru Ukraina

Estimated read time 2 min read

JAKARTA – Ukraina terus menghadirkan kendaraan tempur baru yang inovatif untuk digunakan di medan perang. Kali ini, Ukraina Armor LLC menghadirkan platform robotik Defender Unmanned Ground Vehicle (UGV) yang dapat digunakan untuk mengangkut logistik, misi pengintaian, dan unit tempur.

“Robot ini diciptakan untuk meningkatkan keselamatan dan efisiensi personel militer di medan perang,” kata Vladyslav Belbas, CEO Armor Ukraina, seperti dilansir Defense Express, Kamis (9/5/2024).

Belbas juga mengatakan, dalam menciptakan platform robot baru ini, pengalaman langsung diperoleh dari personel militer Ukraina yang berperang melawan Rusia, terutama tentara yang terbiasa mengoperasikan senjata serupa di medan perang.

Secara fungsional, Pelindung UGV dapat digunakan untuk mengangkut logistik, namun hal ini tidak menghalangi penggunaannya untuk tugas lain seperti pengintaian, transportasi, dan peluncuran sistem tak berawak lainnya.

Selain itu, Defender dapat diubah menjadi unit tempur yang berfungsi penuh. Misalnya, perusahaan menunjukkan UGV yang dilengkapi dengan berbagai senjata, termasuk peluncur sistem rudal anti-tank. Di antara gambar-gambar tersebut adalah yang menunjukkan sistem peperangan elektronik yang dipasang pada robot ini. Keunggulan utama UGV Protector adalah produksi cepat dan biaya rendah.

Dari segi data teknis, UGV Protector memiliki jangkauan komunikasi lebih dari 15 kilometer untuk operator dan dapat diperluas dengan menggunakan router drone. Perangkat ini juga terintegrasi dengan sistem kesadaran situasional ICoMWare.

UGV Defender memiliki berat 4000 kg. Dimensi (PxLxT): masing-masing 5200 mm, 1870 mm, 1450 mm. Kita dapat mengatasi rintangan dengan sudut elevasi maksimum 30° dan sudut kemiringan maksimum 25° serta perlindungan kinetik Stanag 4569 level 1. Dengan spesifikasi tersebut, UGV Defender dapat melewati dinding vertikal setinggi 235mm dan meluncur sedalam itu seperti 0,5 meter.

Dari segi kecepatan, Defender UGV mampu melaju hingga 60 km/jam di jalan raya maupun off-road. Mesin Protector menghasilkan 190 tenaga kuda, mengkonsumsi solar 12 liter per 100 km, kapasitas tangki 76 liter.

Selain UGV Pelindung, Ukraina sebelumnya juga memperkenalkan pengangkut personel lapis baja Varta 2, dilengkapi dengan lapis baja STANAG level 3 dan dilengkapi dengan meriam otomatis 30 mm yang terintegrasi di stasiun senjata Sich.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours