FIF catat pertumbuhan laba bersih 11,7 persen pada semester I 2024

Estimated read time 2 min read

Jakarta (Antara) – Perusahaan keuangan PT Federal International Finance (FIF) melaporkan peningkatan laba bersih sebesar 11,7 persen year-on-year pada semester I 2024 mencapai Rp 2,2 triliun.

Peningkatan laba bersih didukung oleh peningkatan nilai pencairan keuangan sebesar 3,2 persen dibandingkan tahun sebelumnya menjadi Rp 22 triliun pada bulan Juni 2024, namun terjadi penurunan kecil sebesar 0,7 persen pada jumlah unit keuangan menjadi 1,6 juta unit.

Peningkatan laba bersih perseroan berasal dari beroperasinya seluruh jasa keuangan melalui anak usaha di bawah bendera Grup Astra. Mulai dari FIFASTRA untuk pembiayaan sepeda motor Honda, SPEKTRA untuk produk elektronik, gadget dan perabot rumah tangga, DANASTRA yang memberikan pembiayaan multiguna, FINATRA untuk pembuatan pembiayaan mikro untuk usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dan untuk Haji AMITRA Syariah dan Haji. ,

“FIF terus berupaya meningkatkan seluruh layanan keuangan yang ada untuk membantu perkembangan kinerja perusahaan,” kata Direktur PT Federal International Finance Daniel Hortono dalam keterangan resmi di Jakarta, Sabtu.

Lanjutnya, sebagai perusahaan pembiayaan ritel, pihaknya terus meningkatkan kinerja kelima layanan keuangan yang diperkuat melalui value chain dan digitalisasi untuk memberikan layanan terbaik.

Dari sisi net-serviced assets (NSA), terjadi peningkatan sebesar 12,5% pada semester I 2024 menjadi Rp 43 triliun.

Peningkatan tersebut ditopang oleh Rasio Non-Performing Financing (NPF) Bersih atau Rasio Piutang Pembiayaan Bermasalah Bersih sebesar 0,03 persen hingga Juni 2024.

“Ini pertanda FIF berada dalam kategori sangat sehat sebagai perusahaan keuangan,” ujarnya.

Daniel mengatakan FIF telah menyalurkan pembiayaan sepeda motor Honda sebesar Rp 14,4 triliun melalui FIFESTRA pada semester I 2024, dengan peningkatan jumlah unit pembiayaan sebesar 5 persen year-on-year sebesar 3,3 persen atau 843 ribu per Juni peningkatan lebih banyak satuan. 2024.. ,

Dalam memberikan layanan pembiayaan multiguna melalui DANASTRA, FIF mencatatkan penyaluran pembiayaan sebesar Rp6,6 triliun pada semester I 2024 atau meningkat 1,8% year-on-year. Namun dari sisi jumlah unit keuangan, terjadi penurunan sebesar 4,2 persen pada periode Januari-Juni 2024 sebanyak lebih dari 675 ribu unit dibandingkan tahun 2024.

Layanan keuangan syariah FIF yakni Amitra juga tumbuh dengan nilai penyaluran keuangan mencapai Rp 232 miliar pada semester I 2024, mencatatkan peningkatan sebesar 13,6 persen year-on-year. Selain itu, jumlah unit keuangan bertambah hingga lebih dari 9 ribu unit. Atau kenaikan tahunan sebesar 1,1 persen hingga Semester-I 2024.

Di sisi lain, jasa pembiayaan SPEKTRA turun 15,3 persen year-on-year menjadi Rp203 miliar pada periode Januari-Juni 2024 dan FINATRA turun 18,6 persen year-on-year menjadi Rp507 miliar pada semester I 2024.

“Di tengah tantangan perekonomian nasional, FIF terus berupaya melakukan inovasi agar dapat menjadi solusi keuangan pilihan masyarakat Indonesia sejalan dengan misi perusahaan yaitu menghadirkan kehidupan masyarakat yang lebih baik,” kata Daniel.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours