Dosen Unika Atma Jaya Kembangkan PLTB Berbentuk Kaktus untuk Atasi Perubahan Iklim

Estimated read time 2 min read

JAKARTA – Atma Jaya, dosen Departemen Teknik Universitas Katolik Indonesia (Unica), mengembangkan desain pembangkit listrik tenaga angin (PLTB) berbentuk kaktus. Inovasi tersebut merupakan bagian dari komitmen Spirit Jaya untuk mendukung keberlanjutan dan mengurangi dampak iklim.

PLTB Kaktus ini merupakan hasil penelitian yang dilakukan oleh dosen Teknik Unica Pratham Jaya Tajuddin Noor. PLTB Kaktus dirancang khusus untuk mengoptimalkan pemanfaatan energi angin berupa turbin angin di daerah yang anginnya tidak stabil.

Baca Juga: Fakultas Kedokteran Atma Jaya memiliki satu-satunya museum anatomi modern di Indonesia.

Untuk meningkatkan daya yang dihasilkan generator, PLTB Kampus Unica Atma Jaya dirancang terkoneksi dengan tiga set turbin dan generator magnet permanen sehingga menyerupai “pohon kaktus”. Bentuknya yang unik menyerupai kaktus memungkinkan turbin menangkap angin dari berbagai sumber Selain itu, penggunaan material lain pada bilah turbin dapat meningkatkan efisiensi konversi energi angin menjadi listrik

“Mengingat iklim di Kampus BSD Unica Atma Jaya, maka pembangunan PLTB mungkin merupakan pilihan yang tepat. Kampus BSD Unica Atma Jaya terletak di lokasi yang strategis, dikelilingi oleh dataran tinggi dan rendah serta menciptakan kondisi yang sangat cocok untuk digunakan. Harmoni udara” dengan adanya inovasi ini, diharapkan PLTB dapat memenuhi kebutuhan listrik di kawasan kampus dan memberikan kontribusi positif terhadap pasokan energi di wilayah sekitarnya.” (8/2024)

Baca Juga: BNI Dukung Akuisisi PLTB SeaDrap Kapasitas 75 MW Biaya Rp 1,76 T

Pembangunan PLTB Kaktus oleh Unica Pratham Jaya merupakan langkah nyata dalam mendukung upaya menjaga lingkungan Dengan memanfaatkan angin sebagai sumber energi utama, kita dapat mengurangi ketergantungan kita terhadap energi fosil dan berkontribusi pada upaya pengurangan emisi gas rumah kaca. Meski kecepatan angin kencang, PLTB mampu bekerja 24 jam sehari dan menghasilkan listrik dalam jumlah besar

Dengan pasokan listrik yang melimpah, kampus dan sekitarnya merasakan manfaat dari pasokan energi yang bersih dan berkelanjutan. Hal tersebut merupakan langkah maju nyata dalam pengembangan teknologi yang digunakan untuk mencapai tujuan perlindungan lingkungan dan peningkatan kualitas hidup seluruh masyarakat.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours