Ledakan AI Bikin Zuckerberg Makin Tajir, Kalahkan Raja Chip Nvidia Jensen Huang

Estimated read time 2 min read

JAKARTA – Kekayaan Mark Zuckerberg meningkat menjadi 54 miliar dolar atau sekitar 823 triliun Ire pada tahun ini. Kekayaan bersih CEO Meta ini melonjak lebih dari 40% menjadi $182 miliar atau mendekati Rp 2,775 triliun hanya dalam waktu delapan bulan menurut Bloomberg Billionaires Index.

Sebelumnya, ia berada di belakang Jensen Huang dari Nvidia dalam hal peningkatan kekayaan pada tahun 2024.

Ia saat ini menduduki peringkat keempat dalam daftar orang terkaya, hanya tertinggal 7 miliar USD atau sekitar Rp 106 triliun dari pendiri sekaligus CEO LVMH Bernard Arnault di peringkat ketiga.

Kenaikan jabatan Zuckerberg karena Jensen Huang, CEO Nvidia, mengalami penurunan kekayaan sebesar USD 11,5 miliar atau mendekati Rp 175 triliun dalam dua hari perdagangan terakhir akibat penurunan tajam harga saham pembuat chip tersebut.

Kekayaan Huang sebelumnya meningkat sebesar USD 44 miliar atau sekitar Rp 670 triliun menjadi USD 93 miliar atau sekitar Rp 1,417 triliun pada tahun ini.

Meta adalah raksasa media sosial yang memiliki Facebook, WhatsApp, Instagram, dan Threads. Dengan Zuckerberg sebagai pemimpinnya, perusahaan ini telah melakukan investasi besar dalam realitas virtual, metaverse, dan kecerdasan buatan dalam beberapa tahun terakhir.

Tindakan mahal tersebut awalnya membuat takut investor, menyebabkan penurunan lebih dari 75% saham Meta antara September 2021 dan November 2022.

Namun kemajuan yang lebih luas dalam AI – dan tanda-tanda bahwa Meta mengekang pengeluarannya – telah memperbarui minat terhadap perusahaan ini sebagai pemimpin potensial dalam teknologi, komunikasi, dan hiburan generasi mendatang.

Saham Meta naik lebih dari lima kali lipat dari level terendahnya pada tahun 2022 hingga diperdagangkan pada rekor tertinggi di atas USD 500, menjadikan valuasi perusahaan menjadi USD 1,3 triliun.

Pengembalian saham Meta yang luar biasa juga meningkatkan nilai kepemilikan Zuckerberg hampir 13% di Meta.

Baca juga: Donald Trump Ancam Penjarakan Mark Zuckerberg

Kekayaan pribadi Zuck pun melonjak 35 miliar USD atau sekitar Rp 533 triliun pada November 2022 menjadi lebih dari 182 miliar USD atau sekitar Rp 2,775 triliun saat ini.

Kini setelah kekayaan Huang kembali, Zuckerberg bisa mengklaim gelar peraih kekayaan terbesar di dunia pada tahun 2024.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours