Google hadirkan alat untuk mencoba beragam gaun secara virtual

Estimated read time 2 min read

Jakarta (ANTARA) – Google memperluas manfaat alat uji coba yang didukung kecerdasan buatan generatif, yang memungkinkan penggunanya mencoba ribuan gaun dari ratusan merek secara virtual.

Berdasarkan pengumuman perusahaan pada Kamis (5/9), gaun menjadi salah satu kategori pakaian yang paling banyak diminta menggunakan alat uji.

Namun menurut penjelasan Google yang dikutip TechCrunch, Jumat (6/9), teknik difusi yang ada saat ini sulit diterapkan pada pakaian yang lebih detail dan rumit dibandingkan jenis pakaian lainnya.

Google Shopping tahun lalu meluncurkan alat pengujian yang menggunakan teknologi difusi untuk membuat gambar kaos dan kaos berkualitas tinggi yang terlihat seperti itu.

Alat tersebut mensimulasikan bagaimana pakaian akan jatuh, terlipat, menempel, dan membentuk kerutan serta bayangan pada orang-orang di berbagai posisi.

Karena detail pakaian yang rumit, model difusi yang ada mengalami kesulitan menangkap gambar pakaian secara detail seperti pola bunga atau geometris.

Oleh karena itu, Google mengembangkan strategi pelatihan baru yang dimulai dengan gambar beresolusi rendah dan secara bertahap menggabungkan resolusi yang lebih tinggi.

Selain itu, perusahaan menggunakan teknik baru untuk memberikan deskripsi gaun yang lebih akurat kepada orang-orang.

Karena gaun biasanya menutupi sebagian besar tubuh dan memiliki panjang yang berbeda-beda, menempatkan gaun virtual pada seseorang sering kali mengakibatkan menutupi atau mengaburkan detail tubuh.

Untuk mengatasi masalah ini, teknik baru yang disebut VTO-UNet Diffusion Transformer (VTO-UDiT) digunakan untuk menjaga ciri-ciri seseorang saat melepas dan mengganti pakaian, sehingga menghasilkan gambaran yang lebih akurat tentang pakaian dan orang yang memakainya.

Teknologi uji coba virtual bertujuan untuk menghilangkan dugaan dalam menemukan pakaian dengan ukuran yang tepat untuk berbagai bentuk tubuh.

Perusahaan seperti Adobe, Amazon dan Walmart telah meluncurkan alat khusus yang memungkinkan pelanggan mencoba hampir semua jenis pakaian, termasuk gaun.

Google nampaknya berusaha memperkenalkan fitur-fitur yang lebih canggih dibandingkan fitur kompetitor dalam memperluas keunggulan alat uji cobanya.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours