Dukungan Penggemar Indonesia Bikin Calvin Verdonk seperti di Rumah Sendiri

Estimated read time 2 min read

Calvin Verdonk mengungkapkan kepada media Belanda proses adaptasinya di timnas Indonesia. Para pemain NEC Nijmegen mengaku sangat terkesan karena adaptasinya berjalan baik dan diperlakukan seperti di rumah sendiri.

Verdonk resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) pada awal Juni 2024. Pemain berusia 27 tahun itu menjalani debut bersama timnas Indonesia di Grup F putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Namun Verdonk harus absen saat timnas Indonesia menantang Irak. Winger NEC Nijmegen itu baru melakukan debutnya saat melawan Filipina dan bermain sejak awal sebelum ditarik keluar pada menit ke-67.

Kepada media Belanda, Verdonk mengungkapkan kesan terbaiknya dari pengalaman pertamanya bersama timnas Indonesia. Pasalnya, ia mendapat dukungan yang luar biasa agar tidak terganjal masalah penyesuaian diri.

“Saya mengikuti semua sesi latihan dan satu pertandingan di sana. Kalau Anda datang dari Eropa, mereka akan membuat Anda betah dengan sangat cepat,” kata Verdonk, dilansir Forza NEC, Selasa (16/7/2024).

“Anda merasakan dukungannya dan mereka senang saya ada di sini. Saya rasa itu karena saya bermain bagus di NEC musim lalu,” lanjutnya.

Verdonk mengatakan komunikasi bukanlah hambatan sama sekali. Meski diisi pemain dari berbagai latar belakang, diakuinya para pemain Skuad Garuda memiliki kemampuan bahasa Inggris yang baik.

“Anda dapat berbicara dengan semua orang dan semua orang berbicara bahasa Inggris dengan baik. Saya menghabiskan banyak waktu dengan (mantan pemain NEC) Ragnar Oratmangoen, yang sudah saya kenal sejak lama. Ini membantu Anda merasa seperti di rumah sendiri,” jelas Verdonk.

Verdonk saat ini sedang mempersiapkan diri bersama NEC Nijmegen untuk Liga Belanda musim depan. Kita tahu FC Twente akan menjadi lawan pertama mereka pada 10 Agustus 2024.

Selain itu, Verdonk akan bertarung bersama timnas Indonesia di Grup C putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia mulai 5 September. Tim Garuda tergabung di grup berat bersama Jepang, Arab Saudi, Australia, Bahrain, dan China.

Timnas Indonesia akan bertandang ke Arab Saudi di Stadion King Abdullah Sport City di Jeddah. Tim Garuda selanjutnya akan menjamu Australia di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya pada 10 September 2024.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours