Komisi Eropa pertegas komitmen perluasan keanggotaan negara Balkan

Estimated read time 2 min read

LONDON (ANTARA) – Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen pada Senin (2/9) menegaskan kembali komitmennya terhadap integrasi Balkan Barat ke dalam Uni Eropa, dengan menekankan pentingnya strategis kawasan tersebut.

Berbicara pada Forum Strategis Bled ke-19 di kota Bled, Slovenia, von der Leyen menekankan bahwa masa depan Balkan Barat terletak di dalam Uni Eropa, dan berjanji untuk mempercepat proses perluasan pada masa jabatan berikutnya di Komisi Eropa.

“Sepanjang sejarah, Balkan Barat selalu berada di persimpangan antara Timur dan Barat, Utara dan Selatan,” kata von der Leyen. Namun, generasi baru di kawasan ini memilih jalan yang berbeda. “Mereka memilih untuk menjadi bagian dari keluarga Eropa yang bersatu.”

Pidato Von der Leyen menggarisbawahi tekad UE untuk menolak pengaruh luar.

Kepemimpinan Rusia saat ini, yang hidup di masa lalu, menolak menerima kenyataan sederhana ini. Dia menambahkan: “Setiap kali ada kemajuan menuju rekonsiliasi dan integrasi regional di Balkan Barat, Kremlin berusaha menghidupkan kembali konflik lama.”

Namun, von der Leyen menekankan bahwa mayoritas penduduk di Balkan Barat mendukung integrasi, bukan perpecahan.

“Mayoritas masyarakat di Balkan Barat tidak ingin terpecah belah, dan itulah yang perlu kita capai untuk mereka,” tegasnya.

Keamanan kolektif

Menggarisbawahi dedikasi Komisi Eropa terhadap proses perluasan, von der Leyen mengatakan bahwa upaya ini sekali lagi menjadi prioritas politik utama.

“Pembesaran adalah investasi dalam kekuatan dan keamanan kolektif kita. Kami menginginkan Eropa yang kuat, kompetitif dan aman, dan ini termasuk Balkan Barat serta Ukraina dan Moldova di UE,” katanya.

Von der Leyen menyoroti kemajuan signifikan yang dicapai selama masa jabatan pertamanya, dengan mencatat dimulainya pembicaraan aksesi dengan Albania, Makedonia Utara, Ukraina dan Moldova.

Ia juga menyatakan optimismenya bahwa Bosnia dan Herzegovina akan segera mengikuti jejaknya.

Melihat ke depan, von der Leyen berjanji akan mempercepat proses perluasan, dan mengungkapkan rencana untuk menunjuk komisaris khusus perluasan.

“Ekspansi harus fulltime yang bisa mendapat perhatian penuh, makanya saya akan tunjuk komisaris khusus untuk ekspansi. Mari kita tulis sejarah bersama,” ujarnya.

Von der Leyen menyerukan negara-negara Balkan Barat untuk berpartisipasi aktif dalam membentuk masa depan Uni Eropa.

Sumber: Anatolia

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours