Kriteria Mahasiswa yang Wajib Melakukan Reklaim Akun KIP Kuliah 2024

Estimated read time 2 min read

JAKARTA – Tidak semua mahasiswa perlu mengklaim akun KIP Kulia 2024 yang saat ini masih dalam proses hingga 30 Agustus. Berikut penjelasan yang penting untuk diketahui.

Baca Juga: Rekening KIP Kulia 2024 Error Sembuh? Solusinya ada di sini

Sistem perkuliahan Kartu Indonesia Pintar (KIP) terganggu akibat peretasan server Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) 2. Namun per 29 Juli 2024, sistem tersebut telah pulih dan dapat diakses oleh publik.

Baca Juga: 42 Persen Mahasiswa KIP Kuliah Lulus Cum Laude, Mayoritas Di Atas IPK 3

Agar mahasiswa penerima dan calon penerima tetap dapat merasakan manfaat bantuan biaya pendidikan ini, maka proses Pemulihan Rekening KIP Kulia harus diselesaikan.

Proses pengajuan akun KIP Kulia, pengisian data, upload ulang dokumen serta pencetakan formulir dan kartu identitas peserta KIP Kulia berlaku hingga 30 Agustus 2024.

Baca Juga: Pendaftaran Kuliah KIP 2024 Besok Dibuka Kembali, Berikut Persyaratannya

Kriteria Mahasiswa yang Perlu Reclaim Akun KIP Kuliah 2024

1. Siswa yang sudah login tetapi datanya error

2. Calon mahasiswa atau mahasiswa baru yang sudah mendaftar KIP Kulia sebelum sistem dikeluarkan

3. Mahasiswa mengalami kendala teknis pada saat proses klaim akun

Proses pemulihan akun KIP Kuliah dapat dilakukan dengan mengakses halaman kip-kuliah.kemdikbud.go.id dan klik menu Akses Akun. Kemudian di layar ada dua jenis calon mahasiswa atau lulusan yang perlu mengklaim akunnya.

Baca Juga: Pusat Data Nasional Runtuh, Kuliah KIP Tertinggal 16.316 Mahasiswa

Pertama bagi siswa yang lolos Seleksi Berbasis Prestasi Nasional (SNBP) dan Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBT) pada tahun 2024. Selanjutnya bagi mahasiswa yang terdaftar pada bulan Januari-Juni 2024.

Nomor Induk Mahasiswa Nasional (NISN), tanggal lahir dan email aktif peserta juga menjadi beberapa data pendukung yang harus diisi pada aplikasi.

Untuk informasi email, bagi peserta yang lulus SNBP/SNBT periode 2024 dapat menggunakan email yang digunakan untuk SNBP/SNBT. Namun, jika Anda memiliki masalah email, Anda dapat mengklaim akun Anda.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours